Minggu 23 Februari 2020, 18:32 WIB

Pembangunan Jalan Tol Pantura-Jalur Selatan Mulai Dijajaki

Lilik Darmawan | Nusantara
Pembangunan Jalan Tol Pantura-Jalur Selatan Mulai Dijajaki

MI/Akhmad Safuan
Tol pantura ruas Pemalang-Batang.

 

Jalan tol penghubung antara pantura ke jalur selatan mulai ada titik terang. Jalan tol dari pantura ke Cilacap nantinya ada tiga alternatif pintu keluar tol sebelum sampai di Cilacap yakni di Brebes, Banyumas, dan Purbalingga. Untuk wilayah Banyumas, ada tiga opsi pintu keluar tol.

Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah (IPW) Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Banyumas Joko Purwoko mengatakan untuk wilayah Banyumas, ada tiga opsi. ''Opsi pertama melalui utara Kota Purwokerto, selatan Purwokerto dan bagian barat wilayah Banyumas,'' kata Joko pada Sabtu (22/2).

Dijelaskan oleh Joko, untuk opsi utara Purwokerto, maka jalurnya di utara Kota Purwokerto kemudian ke arah barat. Jika yang digunakan pintu keluar tol adalah barat Purwokerto, maka jalurnya adalah Tegal, Bumiayu, Prupuk, Pekuncen, Ajibarang kemudian barat Kota Purwokerto.

''Kalau pintu keluar selatan Purwokerto, maka jalurnya Tegal, Purbalingga kemudian selatan Purwokerto. Namun, semuanya masih dalam penjajakan,'' ujarnya.

Joko mengatakan keputusan jalur dan pintu keluar tol, itu merupakan kewenangan dari pemerintah pusat. ''Tetapi yang pasti, keberadaan jalan tol penghubung antara pantura ke jalur selatan tidak hanya melayani kawasan industri saja, melainkan juga untuk mendongkrak sektor pariwisata,'' tambah Joko. (LD/OL-10)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Berhitung Matang sebelum Mengunci Kota

👤JI/DG/YH/MR/DW/PO/N-2 🕔Selasa 31 Maret 2020, 03:00 WIB
KENEKATAN Wali Kota Tegal, Jawa Tengah, Dedy Yon Supriyono melakukan karantina wilayah secara ketat berbuah...
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Karantina 14 Hari bagi Pemudik

👤Tim/N-2 🕔Selasa 31 Maret 2020, 02:30 WIB
GELOMBANG kedatangan pemudik terbukti sulit dibendung. Sejumlah kepala daerah pun sigap menyiapkan karantina selama 14 hari bagi mereka...
MI/Pius Erlangga

Pakar: Penyemprotan Disinfektan Seharusnya Bukan ke Tubuh

👤Agus Utantoro 🕔Senin 30 Maret 2020, 23:55 WIB
Sebenarnya disinfentan tidak perlu disemprotkan ke tubuh manusia, tetapi ke benda-benda yang sering digunakan bersama, misalnya gagang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya