Minggu 23 Februari 2020, 23:45 WIB

Bennie Sanders Kandidat Kuat Penantang Trump

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Bennie Sanders Kandidat Kuat Penantang Trump

AFP
Senator Bernie Sanders (kanan)

 

BERNIE Sanders telah memperkuat statusnya sebagai calon terdepan Partai Demokrat untuk menghadapi petahana Donald Trump dalam pemilihan umum (pemilu) presiden Amerika Serikat (AS) November mendatang.

Sanders mengklaim kemenangan yang menentukan di kaukus Nevada, Sabtu (22/1) waktu setempat, memperketat cengkeramannya pada kandidasi Demokrat. Hasil awal menunjukkan dia berada di jalur untuk kemenangan besar.

Kemenangannya merupakan pencapaian yang substansial di negara bagian yang dipandang sebagai penentu arah yang penting karena merupakan pemilih pertama yang beragam yang memerangaruhi pilpres AS 2020.

NBC News melaporkan Sanders memimpin dengan 44,7% suara, diikuti oleh mantan wakil presiden Joe Biden dengan 19,5%.

Mantan Wali Kota Indiana Pete Buttigieg meraih di 15,6%, sementara Senator Elizabeth Warren 11,8%, dan Senator Amy Klobuchar 4,3%.

“Kami memenangi popular vote di Iowa, kami memenangi primer New Hampshire, dan menurut tiga jaringan dan AP, kami sekarang telah memenangi kaukus Nevada,” ujar Sanders pada sebuah pawai, yang merespons dengan teriakan “Bernie! Bernie! Bernie!”

“Di Nevada kami baru saja mengumpulkan koalisi multigenerasi, multirasial, yang tidak hanya akan menang di Nevada, tetapi juga akan menyapu negara ini,” tegasnya.

Sanders berbicara di El Paso, Texas, salah satu dari 14 negara bagian yang memberikan suara pada ‘Super Tuesday’ pada 3 Maret, ketika ia berharap kebijakannya yang progresif termasuk perawatan kesehatan universal dan menaikkan upah minimum akan mencapai kesepakatan dengan jutaan orang AS.

Beberapa saingan Sanders, seperti Buttigieg, sudah memberi selamat atas kemenangannya di Nevada. Tetapi veteran militer berusia 38 tahun itu memberikan peringatan keras untuk tidak memilih seorang sosialis demokratik yang melihat kapitalisme sebagai akar dari segala kejahatan naik melawan Trump yang populis.


Tampil lebih baik

Hasil awal juga menunjukkan Joe Biden telah tampil lebih baik di Nevada daripada di dua negara bagian lain yang telah memberikan suara sejauh ini.

Dia memiliki hasil yang kurang memuaskan di Iowa dan New Hampshire. Negara-negara bagian itu memulai proses pemilihan pendahuluan selama empat bulan. Para kandidat berjibaku untuk meyakinkan para pemilih mengapa mereka adalah kandidat terbaik untuk menantang Trump.

Sementara itu, Trump memberikan ucapan selamat kepada Sanders. “Sepertinya Crazy Bernie meraih kemenangan bagus di Negara Bagian Nevada,” cuit Trump, sembari memburuk-burukkan kandidat lain sebelum menambahkan, “Selamat Bernie, dan jangan biarkan mereka merenggutnya darimu!”

Steve Clemons, pembawa acara mingguan Al Jazeera, The Bottom Line, menyebut kemenangan Sanders tak terduga.

“Saya pikir akan mengalah lebih cepat daripada yang dipikirkan orang, mengingat kekuatan Bernie Sanders,” katanya di Maryland.

“Biden bertindak penuh percaya diri, tetapi pada 19% di negara bagian seperti Nevada, banyak orang melihat itu cukup mengejutkan. Elizabeth Warren telah melakukan sangat buruk dan Amy Klobuchar tidak terdaftar dalam lomba ini dan ini harus menjadi perhatian ba-ginya,” ujar Clemons. (AFP/BBC/Aljazeera/I-1)

Baca Juga

AFP/Martin BUREAU

Tunawisma yang Meninggal di Prancis Tetap Dikubur Secara Layak

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 31 Maret 2020, 21:25 WIB
Badan persaudaraan amal dari Saint Eloi di Bethune tetap melakukan pemakaman secara layak pada tunawisma di tengah wabah covid-19 yang...
Antaranews

149 WNI di Fiji Bebas Covid-19

👤Antara 🕔Selasa 31 Maret 2020, 20:26 WIB
Di Fiji terdapat lima warganya terkena...
AFP/NARINDER NANU

Rawat Pasien Covid-19, Dokter di India Pakai Jas Hujan dan Helm

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 31 Maret 2020, 19:02 WIB
Kurangnya alat pelindung diri (APD) di India memaksa beberapa dokter di sana untuk menggunakan jas hujan dan helm sepeda motor saat merawat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya