Minggu 23 Februari 2020, 17:51 WIB

Polisi Tahan Seorang Pembina Pramuka SMP Negeri 1 Turi

Agus utantoro | Nusantara
Polisi Tahan Seorang Pembina Pramuka SMP Negeri 1 Turi

MI/FURQON
Pencarian korban pelajar SMPN 1 Turi yang hanyut telah dihentikan telah korban tewas ke-10 ditemukan.

 

SETELAH ditetapkan sebagai tersangka, polisi menahan Pembina Pramuka SMP Negeri 1 Turi berinisial IYA. Wakapolda DIY Brigjen Pol Karyoto, Minggu (23/2/2020) di Yogyakarta mengatakan, penahanan terhadap IYA ini dilakukan setelah polisi melakukan pemeriksaan intensif pada hari Sabtu.

''Baru satu orang. Polisi masih terus melakukan pendalaman,'' katanya.

Dia menjelaskan, tersangka berinisial IYA ini merupakan orang yang bertanggung jawab terhadap kegiatan susur sungai yang berujung meninggalnya 10 peserta.

IYA sehari-harinya adalah guru olahraga di sekolah tersebut. Karyoto lebih lanjut mengungkapkan proses penanganan kasus ini tidak berada di Polda DIY tetapi di Polres Sleman.

Sebelumnya, katanya, polisi telah memeriksa 13 orang yaitu 7 orang pembina Pramuka, 3 orang warga sekitar, dan 3 orang dari Pramuka Kwarcab Sleman.

''Dari hasil pemeriksaan, 7 orang pembina Pramuka, 6 orang di antaranya mengantarkan para siswa untuk pergi ke sungai sedangkan yang seorang berada di sekolah untuk menjaga barang-barang milik siswa yang sedang mengikuti kegiatan,'' katanya.

Lebih rinci Karyoto mengemukakan dari 6 orang yang mengikuti para siswa, seorang pembina menunggu di titik finis, 4 orang ikut susur sungai dan seorang lagi hanya mengantar sampai titik awal dan kemudian pergi.

Dia menjelaskan, IYA dikenai pasal 359 dan 360 KUHP, yakni karena kelalaiannya menyebabkan seseorang meninggal dunia atau luka-luka. "Ancaman pidananya maksimal 5 tahun penjara," katanya. (AU/OL-10)

Baca Juga

Antara

Pesantren Kiblat Solusi Pendidikan Nasional Masa Covid-19

👤Bagus Suryo 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 00:48 WIB
"Pesantren bisa menjadi solusi dan memberikan jalan keluar di tengah keterbatasan yang dimiliki," tegas Panglima Santri Muhaimin...
Ilustrasi

Gubernur Sumut Minta Usut Preman yang Serang Satgas Covid-19

👤Yoseph Pencawan 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 00:36 WIB
Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi minta kepolisian untuk menindak para preman yang menyerang Satgas Covid-19 Mebidang saat menggelar...
ANTARA/Zabur Karuru.

Ada Pasar Burung dan Batu Akik di Bekas Lokalisasi Dolly

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 23:20 WIB
Sentra Pasar Burung dan Batu Akik luas 840 meter persegi yang diresmikan pada Rabu (21/10) merupakan usulan dari warga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya