Minggu 23 Februari 2020, 17:29 WIB

Tanggul Citanduy Jebol Ratusan Rumah Terendam

Kristiadi | Nusantara
Tanggul Citanduy Jebol Ratusan Rumah Terendam

MI/KRISTIADI
Sungai Citanduy meluap dan merendam ratusan rumah termasuk sekolah dan Puskesmas di Kampung Hegarsari, Mekarsari, Bojongsoban, Tasikmalaya.

 

Sebuah tanggul bantaran Sungai Citanduy jebol sepanjang 50 meter dan mengakibatkan ratusan rumah berada di Dusun Cikopeng, Sukapundung, dan Panoongan, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terendam. Ini terjadi Minggu (23/2) sekitar pukul 01.30 WIB. Pada kejadian tersebut, tak ada korban jiwa tetapi masyarakat berupaya memasang karung berisi tanah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, Mochamad Soekiman mengatakan, banjir terjadi setelah tanggul jebol sepanjang 50 meter. Namun, petugas gabungan dibantu masyarakat akan berupaya memasang karung berisikan pasir sementara supaya air tersebut tidak kembali merendam pemukiman warga.

"Kondisi sekarang air sudah surut kembali, tapi petugas juga akan berupaya menutup tanggul dengan karung berisi pasir untuk sementara. Karena, intensitas hujan tinggi tersebut telah menyebabkan pemukiman warga terendam dengan ketinggian 30 cm sampai 40 cm. Sedangkan, upaya sekarang masih dilakukan supaya kondisi tersebut tetap aman," katanya, Minggu (23/2/2020).

Soekiman mengatakan, beberapa upaya yang dilakukan sekarang ini memberikan ratusan karung untuk diisi tanah atau pasir terutama untuk menutupi tanggul sementara berada di titik lokasi yang jebol. Karena, jika dibiarkan tidak tertutupi, kemungkinan besar luapan dari sungai tersebut kembali mengenangi rumah warga mengingat kondisi sekarang hujan akan terus terjadi.

"Kami sudah mengintruksikan kepada semua petugas, relawan, dan warga memantau kondisi bantaran Sungai Citanduy tersebut. Karena, dari hulu sekarang ada peningkatan air yang bisa menyebabkan jebolnya kembali tanggul tersebut dan mengingatkan juga agar warga tetap waspada mengingat kondisi itu tidak bisa diprediksi tapi memang sejak siang hingga malam di wilayah tersebut telah terjadi hujan," ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tasikmalaya Nuraedin mengatakan, ratusan rumah penduduk telah terendam banjir luapan Sungai Citanduy. Rumah-rumah ini tepatnya berada di Kampung Hegarsari, Mekarsari, Bojongsoban, Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik termasuk kawasan Pondok Pesantren Suryalaya tepat di Kampung Godebag, Desa Tanjungkerta, Kecamatan Pageurageung.

"Banjir tersebut memasuki pemukiman warga dengan ketinggian air di Kecamatan Sukaresik antara 50 cm hingga 1 m. Hingga pukul 04.00 WIB banjir susulan kembali terjadi. Sedangkan, di kawasan lainnya yakni Pondok Pesantren Suryalaya ketinggian air mencapai 1 m dan merendam pemukiman dengan ketinggian air mencapai 40 cm dan kejadian tersebut tidak ada korban jiwa," katanya.

Menurutnya, hujan yang terjadi sejak kemarin cukup lama dengan intensitas sedang hingga besar berada di Kecamatan Kadipaten, Ciawi, Pageurageung, Sukaresik dan Panumbangan. Namun, air tersebut telah mengalir ke Sungai Citanduy dari arah utara Pageurageung hingga Panumbangan melalui aliran Sungai Cikidang, Cipamali dan Cihanjuang, Kecamatan Ciawi, Kadipaten dan Sukaresik.

"Kami telah berupaya beberapa kali supaya bantaran Sungai Citanduy adanya pengerukan yang dilakukannya oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) supaya tidak terjadi hambatan. Karena, permasalahan tersebut titiknya yakni sungai tersebut dan jika terus dibiarkan luapan air bisa kembali naik ke rumah penduduk," pungkasnya. (AD/OL-10)

 

Baca Juga

MI/John Lewar

Bupati Manggarai Barat Serukan Gunakan Masker, Warga: Stok Kosong

👤John Lewar 🕔Selasa 07 April 2020, 21:08 WIB
"Sudah diimbau ke seluruh masyarakat. Karena virus ini bisa menyerang melalui pernafasan,"...
MI/Reza Sunarya

Pemkab Subang Temukan Kasus Pertama Positif Covid-19

👤Reza Sunarya 🕔Selasa 07 April 2020, 21:05 WIB
PEMERINTAH Kabupaten Subang, Jawa Barat mengkonfirmasi  1 pasien positif korona pertama di sana. Pasien merupakan warga  Subang...
ANTARA/ANDREAS FITRI ATMOKO

Kemenag Yogyakarta Siapkan Panduan Ibadah dari Rumah saat Ramadan

👤Antara 🕔Selasa 07 April 2020, 20:57 WIB
Sejalan dengan imbauan dari berbagai organisasi Islam besar yang ada di Indonesia seperti Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama yang mengimbau...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya