Minggu 23 Februari 2020, 16:31 WIB

Sukma Bangsa Serahkan Rekomendasi Manajemen Konflik Basis Sekolah

AMIRUDDIN ABDULLAH REUBEE | Humaniora
Sukma Bangsa Serahkan Rekomendasi Manajemen Konflik Basis Sekolah

MI/Ferdian
Kenduri Kebangsaan

 

Momen penting Kenduri Kebangsaan dimanfaatkan secara baik oleh pihak Sekolah Sukma Bangsa untuk menyerahkan sumbangan pemikiran tentang
manajemen konflik berbasis sekolah. Hasil pengalaman atau pengkajian dewan guru dan pelaku pendidikan di sekolah berkarakter tersebut diserahkan dalam bentuk rekomendasi.

Rekomendasi ini diserahkan oleh Direktur Eksekutif Pendidikan Ahmad Baedowi kepada Pemerintahan Pusat melalui Menteri Menteri Agama Fachrul Razi. Itu berlangsung di Sekolah Sukma Bangsa Bireuen, saat acara Kenduri Kebangsaan yang terselenggara berkat kerja sama Yayasan Sukma Bangsa bersama DPR RI dan DPD Dapil Aceh pada Sabtu (22/2).

Rekomendasi ini merupakan sumbangsih sekolah berkatakter yang lahir dari rahim rehab rekon Aceh pascatsunami dan konflik bersenjata berkepanjangan di provinsi paling barat Indonesia itu. Ini adalah kepedulian Yayasan Sukma Bangsa terhadap dunia pendidikan di Indonesia.

Karena tiga Sekolah Sukma, yakni masing-masing di Kabupaten Pidie, Bireuen dan satu lagi di Lhokseumawe, memiliki pengalaman panjang cara mengelola persoalan negatif akibat imbas yang diderita anak-anak. Sekolah Sukma punya buku panduan, memiliki modul terkait pengelolaan managemen konflik berbasis sekolah.

"Kita punya pengalaman panjang bagaimana mengelola aspek-aspek akibat konflik yang diderita anak-anak," tutur Ahmad Baedowi, Sabtu (22/2).

Sekolah Sukma Bangsa juga sudah mendesiminasi gagasan itu ke seluruh Indonesia. Diharapkan rekomendasi pelatihan manajemen konflik dapat bermanfaat sebagaimana harapan dan ini merupakan sumbangan dari Aceh untuk Indonesia. (MR/OL-10)

Baca Juga

ANTARA/FAKHRI HERMANSYAH

​​​​​​​Warga yang Belum Pernah Menerima Bantuan Jadi Prioritas

👤Gana Buana 🕔Senin 01 Juni 2020, 10:27 WIB
Warga yang belum pernah bantuan dari manapun diprioritaskan. Mekanisme tersebut ditempuh melalui musyawarah...
Medcom.id

Pemerintah Terus Berupaya Capai 10 Ribu Tes Spesimen per Hari

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 01 Juni 2020, 09:19 WIB
Juru Bicara Pemerintah terkait Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengungkapkan, pada Minggu (31/5), jumlah spesimen yang diperiksa...
MI/BARRY FATHAHILLAH

Kemenkes Sebut Kasus DBD Melandai

👤Atalya Puspa 🕔Senin 01 Juni 2020, 08:57 WIB
Meskipun kini kasus DBD terkendali, Kemenkes tetap mendorong masyarakat agar melakukan pemberantasan sarang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya