Minggu 23 Februari 2020, 16:14 WIB

Survei: Prabowo Kandidat Kuat Capres 2024

Andhika prasetyo | Politik dan Hukum
Survei: Prabowo Kandidat Kuat Capres 2024

Antara
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri).

 

KETUA Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi kandidat terkuat calon presiden 2024 berdasarkan hasil survei Parameter Politik Indonesia (PPI) dan Politika Research and Consulting (PRC).

Direktur Eksekutif PPI Adi Prayitno mengungkapkan pengukuran popularitas kandidat tersebut dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan 2.197 responden yang tersebar di 34 provinsi.

"Prabowo berada di posisi tertinggi untuk posisi capres bila Pemilu 2024 digelar hari ini," ujar Adi di Grand Alia Cikini, Jakarta, Minggu (23/2).

Baca juga:Jakarta Banjir, Pengamat: Gubernur Sibuk Urus Formula E di Monas

Prabowo berada di urutan teratas dengan raihan 17,3%. Posisi kedua juga masih ditempati politikus Partai Gerindra yakni Sandiaga Uno dengan 9,1%. Diikuti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 8,8% dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 7,8%.

Melengkapi lima besar, ada Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan 5,4%.

Urutan keenam diisi Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama dengan 5,2%. Disusul Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 4,7%, Tokoh Agama Abdul Somad 4,5% dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini 2,6%.

Baca juga: Prabowo: Saya dari Dulu Dekat dengan Ibu Mega

Adi menambahkan, dari hasil survei tersebut, juga ditemukan bahwa masyarakat mendambakan calon presiden berlatar belakang militer dengan calon wakil presiden yang berasal dari masyarakat sipil.

"Pasangan militer-sipil disukai oleh 30,4% responden. Unggul atas pasangan sipil-militer sebesar 14,2%. Penyebutan pasangan militer-sipil sebagal preferensi Capres-Cawapres 2024 menunjukkan bahwa kombinasi ini diprediksi menjadi pilihan masyarakat pada Pemilu 2024," tuturnya.

Survei PPI sendiri menggunakan metode multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan survei sebesar 95% dan tingkat kesalahan mencapai 2,13%. (Pra/A-3)

Baca Juga

ASN

Sikap Partisan ASN Hanya Boleh di Bilik Suara

👤Indriyani Astuti 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 02:05 WIB
Bilik suara menjadi tempat ASN untuk memilih orang yang dikehendaki sebagai pemimpin dapat disalurkan. Di luar bilik suara ASN tidak perlu...
DOK MI

Hak Kelompok Rentan harus Diatur Khusus Dalam Revisi UU Pemilu

👤Indriyani Astuti 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 01:40 WIB
Salah satu kelompok masyarakat rentan yakni masyarakat adat yang tinggal di hutan lindung. Mereka tidak bisa memberikan hak pilih karena...
Dok MI

Megawati Resmikan 13 Kantor dan Patung Soekarno

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 22:00 WIB
Megawati berpesan bahwa kantor partai harus menjadi pusat pengorganisasian seluruh kegiatan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya