Minggu 23 Februari 2020, 15:50 WIB

Klaten Giatkan Gotong Royong Perbaiki Tanggul Jebol

Djoko Sardjono | Nusantara
Klaten Giatkan Gotong Royong Perbaiki Tanggul Jebol

MI/Djoko Sardjono
Klaten Giatkan Gotongroyong Perbaiki Tanggul Jebol

 

TANGGUL Sungai Slegrengan dan Sungai Mlese di Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, yang jebol akibat diterjang banjir mulai diperbaiki secara gotong-royong.

Tanggul dua sungai tersebut, Jumat (21/2) sore jebol karena tidak mampu menahan arus deras banjir. Banjir terjadi setelah hujan lebat mengguyur di wilayah Kabupaten Klaten.

Pegiat relawan bencana di Klaten, Arif Hidayah, saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa panjang tanggul yang jebol di Sungai Slegrengan, yaitu sekitar 5 meter dan Sungai Mlese 10 meter.

''Akibat tanggul jebol di dua sungai tersebut, lahan padi sekitar 15 hektare yang kini telah memasuki fase generatif atau mulai bunting terendam air luapan banjir,'' imbuhnya, Minggu (23/2).

Untuk mengantisipasi banjir susulan musim hujan ini, perbaikan tanggul jebol Sungai Slegrengan dan Sungai Mlese dikebut. Perbaikan tanggul sekaligus pembersihan sampah di sungai.

Tanggul jebol sungai di Desa Jabung dan Desa Mlese, diperbaiki dengan patok-patok bambu dan karung pasir. Hari ini, pekerjaan perbaikan tanggul itu diharapkan sudah selesai.

''Perbaikan tanggul jebol dan pembersihan sampah di sungai dengan gotongroyong yang melibatkan TNI, Polri, BBWS Bengawan Solo, BPBD, PUPR, relawan, dan masyarakat,'' pungkasnya. (JS/OL-10)

Baca Juga

MI/Djoko Sardjono

Elemen Masyarakat Klaten Deklarasi Tolak Unjuk Rasa Anarkis

👤Djoko Sardjono 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 07:57 WIB
Naskah deklarasi bersama menolak unjuk rasa anarkis di wilayah Kabupaten Klaten dibacakan Ketua DPRD Hamenang Wajar...
MI/Apul Iskandar

Pemkot Pematangsiantar Ajukan Tiga Ranperda

👤Apul Iskandar 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 07:57 WIB
Adapun Ranperda yang diajukan oleh wali kota adalah Ranperda tentang Ketertiban Umum, Ranperda tentang Perumda Tirta Uli, dan Ranperda...
MI Ignas Kunda

Fokus Sumber Daya Alam, SDM Indonesia Kalah dari Negara Tetangga

👤Ignas Kunda 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 07:57 WIB
Indonesia disebut belum bisa menikmati bonus demografi karena kulitas pendidikan dalam hal ini sumber daya manusia kita masih...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya