Minggu 23 Februari 2020, 12:15 WIB

Ketinggian Muka Air di Tiga Pintu Air di Jakarta Capai 5 Meter

Ilham Ananditya | Megapolitan
Ketinggian Muka Air di Tiga Pintu Air di Jakarta Capai 5 Meter

ANTARA
Ilustrasi -- Ketinggian muka air di pintu air Manggarai.

 

HUJAN dengan intensitas lebat yang mengguyur Jakarta pada Sabtu (22/2) malam hingga Minggu (23/2) dini hari tadi mengakibatkan sejumlah kawasan di Jakarta menjadi tergenang hingga banjir dan tinggi muka air di sejumlah Pintu Air berstatus Siaga 1 dan ada yang mencapai lebih dari 500 cm.

Status di tiap pintu air juga berbeda-beda, tergantung dari debit maksimum yang ditampung oleh pintu air tersebut. Pompa Yos Sudarso 1 (Aliran Kali Sunter Timur) tercatat ketinggian muka air masih tetap mencapai 291 cm dan PA Jembatan Merah (Aliran Kali Ciliwung) tercatat 222 cm.

Baca juga: Akibat Banjir, KRL Melaju Lambat

PA Manggarai sendiri sampai pukul 09.00 WIB tercatat ketinggian air mencapai 782 cm dengan status masih siaga 3. Aliran PA Manggarai langsung dilewati oleh aliran Kali Ciliwung dan ketinggian air sudah mulai menurun.

Melalui laman situs http://poskobanjirdsda.jakarta.go.id/ juga terdapat tiga pintu air lainnya dengan status Siaga 3, yaitu PA Karet, PS (Peil Schaal) Angke Hulu, dan PA Pulo Gadung.

PA Karet terhubungan aliran Banjir Kanal Barat sedangkan PA Angke Hulu dengan Aliran Kali Angke dan PA Pulo Gadung dengan Kali Sunter. Dengan masing-masing ketinggian muka air mencapai 547 cm, 160 cm, dan 627 cm. Artinya, tercatat tiga pintu air itu adalah PA Manggarai, PA Karet, dan PA Pulo Gadung.

Laman http://poskobanjirdsda.jakarta.go.id/Pages/noPentingEdukasi.aspx juga menyediakan info nomor penting terkait banjir dan penanganannya. Call Center siaga bencana BPBD DKI Jakarta “112”. Dan akun Twitter Dinas Sumber Daya Air Prov. DKI Jakarta dapat dilihat melalui @DinasSDAJakarta.

Info mengenai laporan genangan air hingga banjir juga dapat dilaporkan oleh warga Jakarta melalui https://petabencana.id/map/Jakarta%20Special%20Capital%20Region sehingga warga Jakarta juga dapat melihat kondisi terkini berdasarkan laporan hingga foto yang dikirim sebagai bukti di kawasan pelapor. (OL-6)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

PSBB Diterapkan, Kendaraan Menuju Jakarta Justru Naik

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 07 April 2020, 20:47 WIB
Status PSBB tak membuat kepadatan kendaraan di gerbang tol utama Jakarta menurun. Sebaliknya, jumlah kendaraan menjngkat di empst gerbang...
istimewa

Kota Bogor Segera Ajukan PSBB ke Kemenkes

👤Dede Susianti 🕔Selasa 07 April 2020, 20:30 WIB
PSBB tidak bisa dilakukan oleh DKI Jakarta saja, atau Bogor saja. Jika PSBB dilakukan secara bersama-sama, se-Jabodetabek hasilnya jauh...
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Bermodal Alokasi Anggaran Rp334 M, Kota Bogor Ajukan PSBB

👤Dede Susianti 🕔Selasa 07 April 2020, 20:25 WIB
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menyebutkan secara keseluruhan atau total anggaran yang disiapkan sebesar Rp 334...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya