Sabtu 22 Februari 2020, 20:41 WIB

Kapal Terbang di Atas Laut karya Anak Bangsa Segera Mengudara

Thomas Harming Suwarta | Humaniora
Kapal Terbang di Atas Laut karya Anak Bangsa Segera Mengudara

Dok. Istimewa
Proses pembuatan kapal terbang diatas laut

 

SEBUAH kapal terbang diatas laut, yang merupakan karya anak bangsa sendiri sebentar lagi akan mulai beroperasi di tanah air.

Diperkirakan kapal dengan nama WIGET61 Reborn of Phinisi tersebut akan melakukan uji kemudi pada Akhir Maret 2020. Saat ini kapal yang bisa mengangkut 50 penumpang tersebut sedang dalam proses penyelesaian akhir di Galangan Kapal Marunda Cilincing Jakarta Utara.

CEO PT Sudeci Sukses Sejahtera, Sulkarnaen, menjelaskan kapal terbang di atas laut ini merupakan ikhtiar sejak lama untuk bisa mewujudkan sebuah kapal terbang tetapi landing dan take off di atas laut dan itu adalah karya anak bangsa Indonesia sendiri.

"Terinspirasi dari kekayaan bangsa ini yang punya hasil cipta Kapal Phinisinya maka kami melahirkan kapal terbang di atas laut ini. Itulah juga yang membuat kami beri nama Wiget61 Reborn of Phinisi untuk kapal ini," kata Sulkarnaen dalam keterangannya kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (22/2).

Baca juga : Bangkai Kapal Tol Laut di Lembata yang Bikin Susah

Dibuat sejak akhir 2019 kapal ini diperuntukan sebagai transportasi penghubung antar pulau dan sangat cocok dengan negara Kepulauan seperti Indonesia.

"Dan ini adalah yang pertama kalinya untuk kepentingan komersial. Kami sangat berharap bisa banyak membantu masyarakat selain sebagai transportasi manusia juga bisa untuk kepentingan kapal medis sehingga menjangkau daerah-daerah pulau terpencil dengan lebih mudah," jelas Sulkarnaen yang adalah juga Ketua Umum Perkumpulan Anak Maros Indonesia tersebut.

Kehadiran kapal terbang diatas laut ini juga untuk menunjukkan kepada Dunia International, bahwa Anak Bangsa Indonesia mampu membuat atau memproduksi kapal terbang di atas laut.

"Tentu juga kapal ini bisa sangat bermanfaat untuk aktivitas pariwisata kita," tukasnya.

Kapal ini sendiri memiliki kecepatan maksimum 250 km/jam dengan ketinggian terbang 12 meter di atas permukaan laut. (OL-7)

Baca Juga

DOK KEMENPAREKRAF

Kemenparekraf Siapkan Langkah Strategis Bagi Pelaku Parekraf

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 April 2020, 16:22 WIB
Kemenparekraf menyiapkan tiga tahapan untuk merespons dampak Covid-19. Yaitu tanggap darurat, pemulihan (recovery), dan...
MI/Dede Susianti

Bulan Ini, Penerima Manfaat PKH Dapat Dana Dua Kali Lipat

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 08 April 2020, 16:21 WIB
Pemerintah telah menyiapkan anggaran tambahan sebesar Rp110 triliun dalam rangka pengamanan jaring sosial untuk menghadapi pandemi...
Antara

Ada 1.753 Peserta Lulus Seleksi Jalur SNMPTN di UGM

👤Ardi Teristri Hardi 🕔Rabu 08 April 2020, 16:10 WIB
SEBANYAK 1.753 peserta lulus seleksi jalur SNMPTN 2020 di UGM. Mereka terbagi dalam kelompok program studi Saintek sebanyak 1.238 dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya