Rabu 17 Februari 2016, 09:37 WIB

Standing Ovation untuk Joey Alexander

Eno/X-8 | Hiburan
Standing Ovation untuk Joey Alexander

AP/INVISION/MATT SAYLES

 

MESKI gagal membawa pulang Grammy Awards 2016, pianis asal Indonesia Joey Alexander, 12, mendapat standing ovation (tepuk tangan sambil berdiri) saat bermain piano mendampingi Presiden National Academy of Recording Arts & Sciences (NARAS) Neil Portnow dan Common di Staples Center, Los Angeles, Amerika Serikat, Senin (15/2) waktu setempat (kemarin pagi WIB).

Joey tampil dalam segmen mengenang para seniman musik yang wafat sepanjang 2015 hingga awal 2016.

Terlihat penyanyi kelas dunia yang turut memberikan tepuk tangan untuk Joey, yakni Taylor Swift, Selena Gomez, Rihanna, Bruno Mars, dan Mark Ronson.

"Saya selalu ingat saat saya seusia Joey, ketika saya kali pertama belajar gitar. Gairah bermusiklah yang mengantar saya sampai di panggung ini," kata Portnow.

Standing ovation yang diterima Joey itu sebetulnya yang kedua kalinya. Beberapa jam sebelum acara di Staples Center, dia tampil dalam Grammy Awards Premiere Ceremony, di Microsoft Theater, Los Angeles.

Di situ para hadirin juga menggeleng-gelengkan kepala tanda kagum akan kepiawaian jari-jari Joey menari-nari di tuts piano.

Pembawa acara juga memperkenalkannya sebagai pianis asal Indonesia.

"Dia masih 12 tahun dan sudah meraih dua nominasi Grammy. Mari kita sambut Joey Alexander," kata Ana Tijoux.

Seusai diperkenalkan, dia pun memainkan salah satu komposisi dari album The In Sound karya Eddie Haris berjudul Freedom Jazz Dance.

Dengan diiringi drumer Eric Harland, jemari Joey tampak lincah bermain pada grand piano Steinway & Sons.

Pada perhelatan terakbar insan musik dunia yang dilaksanakan kali ke-58 itu, remaja kelahiran Bali itu merupakan nomine peraih Grammy Awards untuk dua kategori, yakni best jazz instrumental album dan best improvised jazz solo.

Sayangnya, juri memenangkan John Scofield. Dia meraih kategori best jazz instrumental album.

Juri juga memenangkan komposisi Christian McBride berjudul Cherokee pada kategori best improvised jazz solo ketimbang komposisi Joey Giant Steps.

Total 70 pemenang dari 83 kategori diumumkan, termasuk rapper Kemdrick Lamar meraih lima kategori, dan Taylor Swift menyabet tiga penghargaan.

Meski gagal, Joey tetap dielu-elukan di Tanah Air oleh banyak kalangan, seperti Sarah Sechan, Sherina, David 'Naif', Ananda Sukarlan, dan mantan Mendag Gita Wirjawan.

"Joey definitely won the hearts of many," kata Gita di akun Twitter-nya, @GWirjawan.

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More