Sabtu 22 Februari 2020, 11:21 WIB

Mendaftar Pilkada, Wabup Poso Gunakan Jalur Perseorangan

Mitha Meinansi | Nusantara
Mendaftar Pilkada, Wabup Poso Gunakan Jalur Perseorangan

MI/MITHA MEINENSI
Wabup Poso Syamsuri bersama Tony Sowolino mendaftarkan diri ke KPU Kabupaten Poso, dengan menggunakan jalur perseorangan, Sabtu (22/2/2020).

 

WAKIL Bupati Poso, Sulawesi Tengah, Syamsuri, membuktikan keseriusannya untuk maju menjadi bupati dalam pemilihan kepala daerah serentak tahun ini. Syamsuri bersama Tony Sowolino mendaftarkan diri ke KPU Kabupaten Poso, dengan menggunakan jalur perseorangan, Sabtu (22/2).

"Hari ini bakal calon perseorangan yang menyerahkan dokumen dukungan adalah Pak Syamsuri dan Pak Tony Sowolino. Setelah kami menerima penyerahan dokumen dukungan dari bakal pasangan calon, maka KPU langsung menindaklanjuti dengan melakukan pemeriksaan dan pengecekan dokumen," ujar Ketua KPU Poso, Budiman Maliki.

Menurutnya, pemeriksaan dan pengecekan dokumen yang mereka terima, sesuai dengan petunjuk dari Surat Keputusan KPU RI Nomor 82 Tahun 2020, tentang pedoman tekhnis penyerahan dukungan bakal pasangan calon perseorangan dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta bupati dan wakil bupati tahun 2020.

Berdasarkan jadwal tahapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah, merujuk pada PKPU 16 Tahun 2019 tentang tahapan program dan jadwal penyelenggaraan Pilkada tahun 2020, tahapan penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan untuk bupati dan walikota, berlangsung sejak Rabu 19 Februari hingga Minggu 23 Februari besok.

Selain di Kabupaten Poso, kandidat yang bakal maju menggunakan jalur perseorangan di Sulawesi Tengah juga terdapat di Kabupaten Sigi. Pada saat jadwal pendaftaran dibuka, Ilyas Nawawi dan Uhut Hutapea, langsung mendatangi kantor KPU Kabupaten Sigi untuk menyerahkan dokumen dukungan.

baca juga: Bali Dorong Pembangunan Infrastruktur Wisata Maritim

Sementara untuk jadwal tahapan penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan untuk gubernur, telah ditutup pada Kamis 20 Februari. Hingga batas waktu memasukkan persyaratan dukungan pukul 24.00 Wita, tak satu pun kandidat gubernur yang mendaftar menggunakan jalur perseorangan.

Dengan terdaftarnya Syamsuri sebagai peserta Pilkada, ia akan bersaing dengan petahana, yakni Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu, yang merupakan pasangan duetnya saat ini dalam memimpin Kabupaten Poso. Darmin Sgilipu kemungkinan besar akan diusung Partai Golkar bersama beberapa partai koalisi. (OL-3)

 

Baca Juga

Survei Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan/Kemenhub/Covid19.go.id/Tim Riset MI-NRC

Aturan Mudik Disusun Komprehensif

👤Andhika Prasetyo 🕔Jumat 03 April 2020, 06:15 WIB
Pemerintah tengah menyusun buku panduan yang memuat teknis mudik Lebaran di tengah pandemi covid-19. Panduan tersebut menjadi...
ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/hp.

Penumpang Kereta Dibatasi hingga 50%

👤 BAYU ANGGORO 🕔Jumat 03 April 2020, 05:50 WIB
Upaya menekan penyebaran  virus korona di- lakukan semua pihak dengan berbagai cara, termasuk oleh operator transportasi massal PT...
Antara

Anggota DPR Ini Puji Kebijakan Pemkot Tegal Geser Beton Isolasi

👤Supardji Rasban 🕔Jumat 03 April 2020, 00:27 WIB
Menurut Dewi, dalam mencegah penyebaran pandemi covid-19, kebijakan pemerintah daerah harus selaras dengan pemerintah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya