Sabtu 22 Februari 2020, 09:27 WIB

Warga Depok Diimbau Kurangi Penggunaan Plastik

(KG/J-3) | Megapolitan
Warga Depok Diimbau Kurangi Penggunaan Plastik

ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/hp.
Petugas membersihkan sampah di Sungai Pelayangan, Depok, Jawa Barat, Selasa (13/8/2019).

 

KEPALA Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Iyai Gumilar, mengakui masyarakat Kota Depok masih banyak yang menggunakan plastik.

Padahal, terang dia, pemerintah setempat pun telah melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai. Kebijakan itu diakuinya untuk menekan produksi sampah plastik di wilayah tersebut.

"Pemkot dengan tegas melarang penggunaan plastik sekali pakai. Bila berbelanja ke minimarket atau toko modern serta pasar tradisional, kami harap membawa kantong belanja yang bisa dipakai lama," kata Iyai, kemarin.

Menurutnya, Kota Depok memproduksi sampah mencapai 1.300 ton per hari. Bahkan, sekitar 50 ton atau 3,85% dari jumlah itu merupakan sampah plastik.

Penggunaan plastik bisa mengancam lingkungan. Kecenderungan menggunakan plastik juga terus naik. "Karena plastik jadi salah satu sampah yang bakal sulit terurai," terang dia.

Guna mengatasi persoalan itu, imbuhnya, masyarakat yang ketahuan membuang sampah sembarangan akan dikenai sanksi denda Rp25 juta atau pidana penjara maksimal 3 bulan.

Penerapan sanksi itu merujuk Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 16 Tahun 2012 dan Nomor 5 Tahun 2004 tentang Sanksi Tata Tertib Membuang Sampah. (KG/J-3)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Mulai Besok, KRL Hanya Beroperasi Jam 6 Pagi Hingga Jam 6 Sore

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 09 April 2020, 21:23 WIB
Selain penyesuaian jam operasional, jumlah pengguna juga akan dibatasi lebih...
Istimewa

Rumkitlap AGP Terima Surat Rekomendasi Jadi RS Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 April 2020, 21:20 WIB
Kehadiran Rumah Sakit Lapangan ini sangat diharapkan untuk membantu penanganan pasien terduga Covid-19 di Jakarta yang sudah menjadi...
MI/ANDRI WIDIYANTO

Organda DKI Minta Pembebasan Pajak Kendaraan Umum Selama Covid-19

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 09 April 2020, 21:15 WIB
Penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta, sebutnya, berdampak terpuruknya penghasilan industri angkutan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya