Sabtu 22 Februari 2020, 08:59 WIB

Gerindra Sebut PKS Tertutup

(Put/Ins/Ssr/J-1) | Megapolitan
Gerindra Sebut PKS Tertutup

MI/MOHAMAD IRFAN
Wakil Ketua DPRD DKI M Taufik.

 

WAKIL Ketua DPRD DKI dari Fraksi Gerindra Mohamad Taufik mengungkapkan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera lah yang meminta pemilihan wakil gubernur DKI dilakukan secara tertutup. Padahal, katanya, mayoritas fraksi menginginkan adanya pemilihan atau voting secara terbuka.

"Sebenarnya hampir semua (fraksi) sepakat terbuka. Tapi, karena PKS ngotot (tertutup), ya sudah lah biar cepat (selesai)," kata Taufik di Jakarta, kemarin.

Taufik mengatakan bebe-rapa waktu lalu, DPW PKS menyebut menginginkan adanya pemilihan secara terbuka untuk menghindari money politic. Namun, nyatanya itu tidak wujudkan PKS.

"Saya bilang kami (ingin pemilihan) terbuka melanjutkan keinginan DPW PKS pas bertemu dengan wartawan. Ternyata itu katanya di media doang," jelas Taufik.

Pemilihan wagub secara tertutup, kata Taufik, memang rawan money politic. Ia mempertanyakan keputusan PKS yang menginginkan hal itu.

Ada 106 anggota DPRD yang akan memberikan suaranya kepada salah satu calon, yaitu Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria dan Politikus PKS Nurmansjah Lubis.

"Jangan (minta) ayo terbuka, ayo enggak boleh money politik. Tapi, ketika diajak terbuka, enggak mau. Maunya tertutup. Ya kita mempertanyakan ada apa tertutup?" tukas Taufik.

Selain itu, dalam Tata Ter-tib (Tatib) DPRD DKI Jakarta 2019-2024, yang di dalamnya terkandung tatib pemilihan wagub, disebutkan ada pemaparan visi misi oleh dua kandidat cawagub untuk mengetahui kelayakan mereka di depan forum rapat paripurna.

Pemaparan visi misi secara teknis diatur panitia pemilih (panlih). Hal itu dilakukan setelah panlih memverifikasi persyaratan dari kedua kandidat.

Undur diri

Taufik juga menyebut bahwa Ahmad Riza Patria sudah siap mengajukan surat pengunduran diri dari anggota DPR RI. Riza saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi V.

Surat pengunduran diri akan diajukan apabila panitia pemilihan (panlih) wagub sudah terbentuk. DPRD masih menunggu nama anggota panlih yang berasal dari fraksi-fraksi partai di DPRD.

Panlih juga akan mengirimkan berkas persyaratan yang wajib dipatuhi dua cawagub tersebut. Taufik menyebut struktur anggota panlih akan rampung pada pekan depan.

"Iya nanti semua diverifikasi panlih. Bahwa dalam isyaratnya (tertulis) surat pengunduran diri juga," ucap Taufik.

Aturan mengenai pengunduran diri cawagub dari anggota DPR atau instansi pemerintah lain sudah diatur dalam tata tertib (tatib) pemilihan wagub.

Pembentukan panlih ditargetkan selesai pada Rabu pekan depan. Pimpinan dewan sudah bersurat kepada fraksi-fraksi agar segera mengirimkan nama-nama yang akan duduk di panlih. (Put/Ins/Ssr/J-1)

Baca Juga

ANTARA/Rivan Awal Lingga

Pemprov DKI Data Pekerja Seni Terdampak Covid-19

👤Antara 🕔Minggu 05 April 2020, 14:00 WIB
Dari segi kebudayaan, banyak tempat-tempat kesenian seperti galeri-galeri seni hingga kawasan bersejarah seperti Monas ataupun Kota Tua...
Dok MI

Hendak Tawuran, Empat Pemuda Ditangkap Polres Jakbar

👤Tri Subarkah 🕔Minggu 05 April 2020, 11:58 WIB
"Mereka kita amankan karena ada laporan dari pengendara jalan dan warga yang melihat gerombolan remaja yang hendak melakukan...
 ANTARA/M Risyal Hidayat

Miris, Masih Ada RS Rujukan Tolak Warga Suspek Covid-19

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 05 April 2020, 11:41 WIB
"Penolakan yang dilakukan rumah sakit rujukan disebabkan minimnya jumlah ruang isolasi di rumah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya