Jumat 21 Februari 2020, 21:30 WIB

Lahan PT KAI di Tanah Abang Dijadikan Area Integrasi Antarmoda

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Lahan PT KAI di Tanah Abang Dijadikan Area Integrasi Antarmoda

Antara/Aditya Pradana Putra
Aktivitas di sekitar Stasiun Tanah Abang Jakarta

 

UPAYA mengintegrasikan moda transportasi di DKI Jakarta memasuki babak baru dengan ditandatanganinya Perjanjian Kerja Sama Pemanfaatan Lahan Guna Penataan Kawasan Integrasi Antar Moda antara PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan Pemprov DKI Jakarta.

PKS itu merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman (MoU) PT KAI dengan Pemprov DKI bersama PT. MRT Jakarta, 10 Januari lalu.

Executive Vice President Daop I Jakarta PT KAI Dadan Rudiansyah mengatakan, kerja sama itu merupakan bagian dari komitmen pihaknya untuk mendukung penataan kawasan integrasi antar moda sesuai program Pemerintah, dengan memanfaatkan lahan milik PT KAI sementara waktu.

Baca juga : Pemkot Bogor Matangkan Rencana Membangun Trem

"Hal ini dilakukan agar transportasi lebih tertata rapi, mengurai kemacetan yang disebabkan kendaraan yang berhenti di badan jalan. Melalui Pendatanganan Kerja Sama pemanfaatan lahan PT KAI di Stasiun Tanah Abang, adalah bentuk pelayanan kami kepada masyarakat, secara khusus kepada pengguna kereta api,” jelas Dadan dalam keterangan resminya, Jumat (21/2).

Adapun luas lahan aset KAI yang dimanfaatkan untuk kawasan integrasi antar moda di Stasiun Tanah Abang seluas 3.578 m2. Lahan tersebut terletak di area hall bawah yang digunakan sebagai area keluar masuk penumpang di stasiun dari dan menuju Jalan Jati Baru.

Perjanjian PKS yang ditandatangani antara PT KAI dengan Pempov DKI tersebut berlaku untuk jangka waktu 2 (dua) tahun terhitung sejak tanggal 21 Februari 2020 sampai dengan 20 Februari 2022, dan dapat diperpanjang.(OL-7)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

PSBB Diterapkan, Kendaraan Menuju Jakarta Justru Naik

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 07 April 2020, 20:47 WIB
Status PSBB tak membuat kepadatan kendaraan di gerbang tol utama Jakarta menurun. Sebaliknya, jumlah kendaraan menjngkat di empst gerbang...
istimewa

Kota Bogor Segera Ajukan PSBB ke Kemenkes

👤Dede Susianti 🕔Selasa 07 April 2020, 20:30 WIB
PSBB tidak bisa dilakukan oleh DKI Jakarta saja, atau Bogor saja. Jika PSBB dilakukan secara bersama-sama, se-Jabodetabek hasilnya jauh...
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Bermodal Alokasi Anggaran Rp334 M, Kota Bogor Ajukan PSBB

👤Dede Susianti 🕔Selasa 07 April 2020, 20:25 WIB
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menyebutkan secara keseluruhan atau total anggaran yang disiapkan sebesar Rp 334...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya