Jumat 21 Februari 2020, 18:00 WIB

Dongkrak Turis, Rute Penerbangan Bali-Morotai-Hong Kong Dirintis

Ghani Nurcahyadi | Ekonomi
Dongkrak Turis, Rute Penerbangan Bali-Morotai-Hong Kong Dirintis

Dok. Jababeka Morotai
Kerja sama Jababeka Morotai dengan Transnusa Aviation membuka rute penerbangan baru

 

UPAYA menggairahkan Kawasan Ekonomi Khusus Pulau Morotai dilakukan PT. Jababeka Morotai dengan menginisiasi pembukaan rute penerbangan Hong Kong-Bali-Morotai.

Inisiasi itu ditandai dengan kerja sama dengan PT. Transnusa Aviation Mandiri yang akan membuka rute tersebut untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan pebisnis di kawasan Morotai,

Rute yang rencananya akan mulai beroperasi pada Juni 2020 itu, frekuensinya akan berlangsung sebanyak 2 kali dalam seminggu.

"Rencananya akan dibuka pada bulan Juni 2020 apabila semua syarat administrasi dan lapangan telah siap, mengingat saat ini kondisi di Asia belum begitu kondusif karena wabah korona," kata Basuri tjahaja Purnama, Direktur Utama PT. Jababeka Morotai dalam siaran persnya.

Menurut Basuri Tjahaja Purnama, jika rute penerbangan internasional berhasil dibuka diproyeksikan akan membuat wisata yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus Morotai akan lebih hidup dan mampu mendongkrak jumlah kunjungan turis lokal maupun asing ke Pulau Morotai.

Baca juga : Reaktivasi Bandara Ngloram Blora Memasuki Penyiapan Lahan

Seperti diketahui, KEK Morotai terkenal akan pantai dan alam bawah laut yang indah, penuh dengan sisa perang dunia kedua dan bisa berenang bersama hiu dengan aman.

Selain itu, ada juga kekayaan budaya dan alam dengan air terjun yang cantik dan eksotis serta dikelilingi pulau pulau kecil diantaranya Pulau Dodola. Di Pulau Morotai juga ada Museeum Trikora dan Museum Perang Dunia II.

"Ini adalah upaya kami untuk mengakselerasi dan menggairahkan perekonomian di Morotai. Kami yakin kerja sama dalam membuka rute penerbangan domestik dan internasional  ini bisa membantu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pulau Morotai dan meningkatkan devisa negara secara langsung mensejahterakan masyarakat morotai dan sekitarnya ," ujar Basuri.

Direktur PT. Transnusa Aviation Mandiri Leo Budiman mengatakan, rute baru itu dibuat sudah melewati proses riset pasar, sehingga diyakini mampu menarik turis yang berada di Bali dan Hongkong tapi juga para investor untuk datang ke Pulau Morotai.

"Saya sangat sangat optimis dengan kerja sama ini. Karena Indonesia sumber dari pasar, Indonesia merupakan titik tolak dari perekonomian," pungkas Leo. (RO/OL-7)

Baca Juga

Ist/PUPR

Jembatan Gantung Nawacita Tegaldowo Jadi Destinasi Wisata Baru

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 09:29 WIB
Jembatan tersebut selain meningkatkan konektvitas antardesa juga menjadi salah satu destinasi wisata baru di Bumi...
ANTARA FOTO/Yusran Uccang

Ekonomi Masyarakat Kepulauan Terhambat Aturan

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 05:45 WIB
Kendala dalam pengiriman logistik saat ini ialah pada aturan muatan barang dari Menteri Perdagangan, bukan pada PT Pelayaran Nasional...
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Pemerintah Lirik Sagu untuk Sumber Pangan

👤Ham/E-3 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 05:40 WIB
Selain beras, sagu menjadi salah satu komoditas yang kini dikembangkan untuk menuju ketahanan dan kedaulatan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya