Jumat 21 Februari 2020, 17:39 WIB

Target Pertumbuhan 5,7%, Gubernur Yakin Sumut Tangguh

Yoseph Pencawan | Nusantara
Target Pertumbuhan 5,7%, Gubernur Yakin Sumut Tangguh

Antara
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi

 

PEMERINTAH Provinsi Sumatra Utara memproyeksikan pertumbuhan ekonomi daerahnya akan mampu tumbuh hingga 5,7% pada 2021.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan, kinerja makro ekonomi Sumut menunjukan pada 2019 pertumbuhan ekonomi tumbuh sebesar 5,22% atau di atas rerata nasional 5,02%.

Baca juga: Rusuh karena Salah Pengelolaan Rutan

Baginya, ini mengindikasikan ekonomi Sumut relatif tangguh terhadap berbagai dinamika perubahan dan tantangan ekonomi global. Edy optimistis ekonomi Sumut dapat tumbuh lebih baik lagi.

"Pada 2021, ekonomi Sumut kami targetkan tumbuh 5,3-5,7% dengan rata rata pertumbuhan dari kabupaten/kota wilayah Pantai Barat sebesar 5,79%," ujarnya, Jumat (21/2).

Target itu, lanjut Edy, seiring dengan fokus pembangunan Provinsi Sumut 2021 yang ditujukan pada peningkatan kompetisi sumber daya manusia yang unggul dan perluasan akses pendidikan menengah.

Kemudian konektivitas antara pusat pertumbuhan wilayah dengan pusat pusat produktivitas, peningkatan jangkauan layanan kesehatan, serta peningkatan nilai tambah sektor agraris dan pariwisata.

Baca juga: NasDem Bertekad Majukan Sumatra Utara

Kepala Kantor Bank Indonesia Wilayah Sumatra Utara Wiwiek Sisto Widayat menilai Sumut masih memiliki sejumlah tantangan yang dapat menahan upaya mendorong pertumbuhan ekonomi.

Antara lain masih besarnya ketergantungan terhadap ekspor, terkait komoditas perkebunan dan gejala berkurangnya kontribusi lapangan usaha industri pengolahan kepada perekomian.

Di tengah potensi sumber daya alam yang cukup beragam, ekspor Sumut ke pasar luar negeri masih sangat didominasi produk CPO dan karet olahan.

Kemudian belum optimalnya efisiensi investasi dan masih cukup rendahnya daya saing Sumut dibandingkan dengan daerah lain.(X-15)
 

 

Baca Juga

Antara

Imbas Covid-19 Ribuan Karyawan Hotel di Lombok Barat Dirumahkan

👤Yusuf Riaman 🕔Minggu 05 April 2020, 14:40 WIB
SEDIKITNYA 1.316 karyawan hotel di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) terpaksa dirumahkan akibat merebaknya...
Ilustrasi/Media Indonesia

Dana Reses DPRD Bengkulu Rp6 Milar untuk Penanganan Covid-19

👤Marliansyah 🕔Minggu 05 April 2020, 14:15 WIB
DPRD Provinsi Bengkulu sepakat mengalihkan dana reses atau kegiatan penjaringan aspirasi dari masyarakat untuk penanganan penyebaran wabah...
ilustrasi/mediaindonesia.com

Peran Wartawan Vital untuk Edukasi Covid-19 tapi Minim Dukungan

👤Ardi Teristri Hardi 🕔Minggu 05 April 2020, 13:40 WIB
Wartawan bisa memperjuangkan orang lain, tapi susah memperjuangkan dirinya. Bahkan, untuk mendapatkan masker dan hand sanitizer pun...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya