Jumat 21 Februari 2020, 17:32 WIB

Klaten Bersinar Mantapkan Sinergitas Membangun Desa

Djoko Sardjono | Nusantara
Klaten Bersinar Mantapkan Sinergitas Membangun Desa

MI/Djoko Sardjono
Sekda Klaten Jaka Sawaldi menyerahkan alat kerja kepada anggota TNI pada pembukaan KBMKB.

 

KARYA Bakti Mandiri Klaten Bersinar (KBMKB) tahap I tahun anggaran 2020  dibuka Sekretaris Daerah Klaten Jaka Sawaldi, Kamis (20/2), dengan upacara di lapangan Desa Sumberejo, Klaten Selatan.

KBMKB merupakan pemantapan sinergitas kegiatan gotong royong antara Pemerintah Kabupaten Klaten, Kodim 0723 Klaten, Polres Klaten, dan masyarakat dalam rangka percepatan pembangunan di Kabupaten Klaten.

Hadir pada upacara pembukaan KBMKB tahap I, antara lain Dandim 0723 Klaten Letkol (Kav) Minarso, Forkopimda, Staf Ahli Bupati, jajaran perwira Kodim dan Polres, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), dan para tokoh masyarakat.

Baca juga: Perbaikan Darurat Tanggul Jebol Sungai Gamping Dikebut

Perwira Pelaksana KBMKB Letnan Satu (Arh) Warsono, melaporkan kegiatan karya bakti mandiri tahap I tahun ini dilaksanakan mulai 20 Februari hingga 20 Maret di Desa Nglinggi, Kecamatan Klaten Selatan.

Dalam kegiatan karya bakti tersebut, kata Lettu Warsono, tenaga kerja yang terlibat sebanyak 117 orang tiap hari, terdiri dari TNI 40 orang, Polri 5 orang, aparat desa 5 orang, teknisi 2 orang, dan masyarakat 65 orang.

Baca juga: Wartawan Klaten Hijaukan Objek Wisata Bukit Sidoguro

Sasaran kegiatan fisik KBMKM di Desa Nglinggi,  meliputi betonisasi jalan 286 meter, pembangunan talut 802 meter, renovasi 10 unit rumah tidak layak huni (RTLH), jambanisasi keluarga 8 unit, dan rehab 2 unit tempat ibadah.

Sedangkan sasaran kegiatan nonfisik yang direncanakan, antara lain berupa penyuluhan wawasan kebangsaan, bahaya narkoba, radikalisme, dan penyuluhan sertifikasi tanah. Selain itu, pelayanan kesehatan dan keluarga berencana.

Bupati Sri Mulyani dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Jaka Sawaldi mengatakan, bahwa tujuan KBMKB untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan semangat kebangsaan dan bela negara.

"Melalui program kegiatan sinergitas antara Pemkab Klaten, TNI, Polri, dan masyarakat dalam membangun desa ini, diharapkan dapat mewujudkan Kabupaten Klaten yang maju, mandiri, dan berdaya saing," pungkasnya. (X-15)

 


 

Baca Juga

MI/Agus Utantoro

Dampak Covid-19 Manajemen GLZoo Rumahkan Sebagian Karyawan

👤Agus Utantoro 🕔Kamis 09 April 2020, 08:14 WIB
Dari 287 karyawan GL Zoo, 65 orang terpaksa dirumahkan dengan tetap menerima gaji meski tidak utuh. Yakni 40% dari gaji...
MI/Supardji Rasban

Patung Obor di Slawi Ikut Bermasker

👤Supardji Rasban 🕔Kamis 09 April 2020, 07:47 WIB
Media luar ruang seperti Patung Obor di perempatan Pakembaran Slawi, ibu kota Kabupaten Tegal pun dipasangi masker berukuran...
MI/Martinus Solo

Sembako Untuk Warga Miskin Terdampak Covid-19

👤Martinus Solo 🕔Kamis 09 April 2020, 06:50 WIB
Pembagian sembako di Kota Sorong tersebut, diberikan kepada warga yang membutuhkan, untuk meringankan beban warga di dalam upaya mencegah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya