Jumat 21 Februari 2020, 17:29 WIB

Peresmian Pameran Kenduri Kebangsaan Disambut Antusias

Ferdian Ananda Majni | Politik dan Hukum
Peresmian Pameran Kenduri Kebangsaan Disambut Antusias

MI/FERDIAN ANANDA MAJNI
Suasana Pameran Kenduri Kebangsaan di kompleks Sekolah Sukma Bangsa Desa Cot Keutapang, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh.

 

KETUA Yayasan Sukma Lestari Moerdijat meresmikan pameran Kenduri Kebangsaan dengan mengusung tema keacehan, keislaman dan keindonesiaan di kompleks Sekolah Sukma Bangsa Desa Cot Keutapang, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh.

"Saya sendiri juga kebetulan ikut mendirikan sekolah ini, ada 3 sekolah hari ini, tapi kenapa kita memilih di sini karena sejarah mencatat Bireuen memiliki arti dan peran yang sangat penting dalam perjalanan sejarah Republik Indonesia pernah menjadi ibukota Republik Indonesia meskipun hanya dalam waktu," kata perempuan yang akrab disapa Rerie, Jumat (21/2).

Rerie mengaku sangat bahagia dan bersyukur mendapatkan kepercayaan untuk menjadi tuan rumah acara yang penuh kehangatan dan keakraban tersebut. Apalagi, Kenduri Kebangsaan nantinya juga akan dikunjungi oleh presiden Jokowi dan sejumlah menteri kabinet.

"Merupakan sebagai sebuah kebahagiaan bagi kami, semua keluarga besar Sukma bangsa bahwa hari ini kita bersama-sama membuka dan akan menyelenggarakan pameran yang tentunya menjadi sebuah simbol kebahagiaan kita dan kesiapan kita untuk membangun Aceh baru menuju Indonesia maju, besok pagi rencananya pada pukul 8.30 Pak Presiden Republik Indonesia akan berada di tengah-tengah kita dan membuka acara kenduri dan bersama-sama," sebutnya.

Dia menambahkan, Kenduri Kebangsaan merupakan momentum kebangkitan dan kemajuan masyarakat Aceh ke depannya, tentunya kegiatan ini juga melibatkan segenap unsur pemerintahan Aceh dan masyarakat Aceh sendiri.

"Kita selalu mendapatkan tujuannya dan Aceh yang kita cintai akan terus menjadi Aceh yang damai Aceh yang bahagia dan Aceh yang maju untuk Indonesia," paparnya.

Ia mengingatkan Kenduri Kebangsaan juga bagian tidak terpisahkan dari persatuan bangsa ini. Bahkan sumbangsih Aceh dalam upaya mempertahankan Keutuhan NKRI terbukti dengan Kabupaten Bireuen pernah menjadi ibukota selama 48 jam.

"Merajut kembali ke Indonesia dan kembali mengingatkan kepada semua pihak bahwa Aceh itu bagian dari Indonesia di sini kita bicara kesatuan dalam keberagaman kita bicara Bhinneka Tunggal Ika, kita bersama-sama menjaga Aceh untuk menjaga Indonesia," pungkasnya.

Kenduri Kebangsaan digagas Media Group, Yayasan Sukma, dan Forum Bersama (Forbes) anggota DPR dan DPD RI asal Aceh untuk mempersatukan elemen masyarakat, politik, serta pemerintah, dalam pembangunan dan kebangsaan Aceh.

Acara itu menyuguhkan pameran dengan tiga tema besar, yakni keacehan oleh Universitas Syiah Kuala, keislaman oleh UIN Ar-Raniry, dan Institute Agama Islam Al Muslim. Lalu, pameran keindonesiaan oleh Sekolah Sukma Bangsa, Sekolah Modal Bangsa, dan Fatih Bilingual School. (OL-4)

Baca Juga

Dok.MI

Pengamat: DPR Prioritaskan Covid-19, RUU KUHP Nanti Saja

👤Putra Ananda 🕔Jumat 03 April 2020, 21:10 WIB
Pengesahan RKUHP tanpa pembahasan keseluruhan justru akan menambah panjang daftar masalah yang harus...
ANTARA/Reno Esnir

RUU KUHP dan Pemasyarakatan akan Dibahas di Komisi III DPR

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 April 2020, 20:43 WIB
Sebelumnya, Badan Legislasi (Baleg) meminta masukan dari masyarakat terkait 12 pasal dalam RKUHP yang sebelumnya mendapatkan sorotan dari...
Antara

Mendagri Minta Kepala Daerah Buka Jalan untuk Distribusi Logistik

👤Indriyani Astuti 🕔Jumat 03 April 2020, 20:18 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengingatkan  kepala daerah terkait pemblokiran jalan agar membuka akses dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya