Jumat 21 Februari 2020, 17:08 WIB

Enam Guru SDK Nunang Mogok Mengajar

John Lewar | Nusantara
Enam Guru SDK Nunang Mogok Mengajar

MI/John Lewar
Para siswa dan guru di Sekolah Dasar Negri desa tanjung boleng , Manggarai barat

 

Enam orang guru komite di SDK Nunang, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) mogok. Mereka tidak masuk sekolah pada Jumat (21/2).

Tindakan para guru tentu saja merugikan para siswa sebab mereka tidak bisa belajar. Padahal ada 9 orang siswa kelas VI tak lama lagi akan mengikuti ujian akhir.

"Kami datang sekolah tapi tidak ada guru yang masuk kelas. Kami harap besok ada guru yang datang dan mengajar kami di sekolah," kata murid SDK Nunang, Vika, kepada Media Indonesia, Jumat (21/2).

Baca juga: Mewujudkan Kesejahteraan Guru

Namun, aksi para guru ini beralasan. Pasalnya sudah hampir dua bulan, sekolah ini tidak memiliki Kepala Sekolah. Tepatnya, sejak Frans Napang pensiun dari Kepala Sekolah pada 31 Desember 2019 lalu

"Saya sangat menyesalkan kejadian hari ini. Tidak ada pemimpin di sebuah lembaga pendidikan. Kenapa bisa begini? Ini sekolah bersejarah,sekolah tertua di Nunang. Oleh karena itu, saya harap Yayasan dan Pemerintah memperhatikan nasib sekolah ini. Secepatnya beri Kepala Sekolah," kpinta Romo Dedi Saldi, Pastor Paroki Nunang.

Seorang guru yang tidak mau namanya disebutkan juga mengeluhkan soal ketiadaan pemimpin di sekolahnya. "Tidak ada Kepala Sekolah yang mengarahkan kami para guru. Tidak ada yang memperhatikan seluruh proses belajar di sekolah ini. Kami para guru mau dengar siapa? Kami juga mau cairkan dana BOS tidak bisa karena tidak ada penanggung jawab utamanya, yaitu Kepala Sekolah," keluhnya.

Padahal sejak awal berdirinya SDK Nunang tanggal 1 Agustus 1949, kehadiran sekolah ini sangat membantu masyarakat Desa Wae Sano. Banyak alumninya sudah menjadi orang-orang sukses. Ada yang menjadi imam (pastor), bruder dan suster serta berbagai profesi di bidang pemerintahan dan swasta lainnya.

Oleh karena itu, perwakilan Pihak Yayasan Sukma di tingkat Paroki, Rm Dedi Saldi sekaligus Pastor Paroki Nunang, sangat mengharapkan tanggapan serius dari pihak Pemerintah Kabupaten dan Dinas Pendidikan di Kabupaten Manggarai Barat supaya segera menetapkan Kepala Sekolah definitif di SDK Nunang. (OL-14)

 

Baca Juga

MI/John Lewar

Gugatan Paket Misi Ditolak, Koalisi Edi-Weng Tidak Terkejut

👤John Lewar 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 06:34 WIB
Gugatan pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Manggarai Barat, Maria Geong dan Silverus Sukur (paket Misi) ditolak...
MI/Denny Susanto

Membangun Industri Wisata Berbasis Hutan

👤Denny Susanto 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 06:29 WIB
Ada puluhan hutan wisata yang kini dikembangkan dalam bentuk jasa lingkungan dengan melibatkan masyarakat desa atau masyarakat sekitar...
Antara

Di Perbatasan NTT-Timor Leste Banyak Pemilih akan Hilang Hak Suara

👤Palce Amalo 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 05:45 WIB
BANYAK pemilih di perbatasan NTT-Timor Leste terancam kehilangan hak suara pada pilkada serentak 9 Desember 2020, karena tidak  miliki...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya