Jumat 21 Februari 2020, 16:58 WIB

Jokowi: Jepang Belum Merespon Soal Evakuasi 78 WNI

Dhika kusuma winata | Humaniora
Jokowi: Jepang Belum Merespon Soal Evakuasi 78 WNI

MI/RAMDANI
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo menyatakan evakuasi WNI yang ada di kapal pesiar Diamond Princess di Jepang akan diputuskan secepatnya. Pemerintah tengah berkomunikasi dengan pemerintah Jepang sembari mematangkan opsi pemulangan.

"Saya kira secepatnya karena ini juga masih proses diplomasi di Indonesia dan Jepang. Kita minta ini, minta itu, tetapi di sana masih belum menjawabnya. Kita harapkan segera ada sebuah keputusan sehingga kita bisa langsung menentukan," kata Presiden di sela-sela kunjungan kerja di Riau, Jumat (21/2).

Pemerintah hingga kini terus memantau perkembangan kondisi 78 warga negara Indonesia (WNI) yang berada di kapal pesiar tersebut. Dari total 78 WNI yang ada di kapal pesiar tersebut, empat di antaranya dinyatakan positif terjangkit virus korona Covid-19 sedangkan 74 orang dinyatakan sehat. Keempatnya kini dalam perawatan di rumah sakit di Jepang.

Terkait dengan pemulangan, pemerintah masih mematangkan apakah melalui jalur udara atau laut. Untuk jalur laut, disiapkan KRI Soeharso yang merupakan kapal rumah sakit milik TNI AL. Terkait dengan lokasi observasi, pemerintah juga masih mengkajinya.

"Rumah sakit juga kita siapkan tapi urusan yang berkaitan dengan tempat belum diputuskan, apakah nanti dievakuasi dengan kapal rumah sakit langsung atau evakuasi dengan pesawat," imbuh Jokowi.(OL-4)

Baca Juga

MI/Ramdani

Ussy Sulistiawaty Bagikan Hand Sanitizer Gratis

👤MI 🕔Sabtu 04 April 2020, 01:00 WIB
PRESENTER Ussy Sulistiawaty, 38, menunjukkan kepedulian sosial di tengah wabah virus korona dengan membagi-bagikan hand sanitizer...
AFP

Tom Holland Usir Bosan ala Spider-Man

👤Atikah Ismah Wahyu 🕔Sabtu 04 April 2020, 00:15 WIB
PANDEMI covid-19 yang melanda berbagai belahan dunia membuat masyarakat tinggal di rumah dan melakukan isolasi...
 SKETSA MI/Seno

Sebanyak 2.311 Pekerja Alami PHK Akibat Wabah Covid-19

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 03 April 2020, 21:52 WIB
Dengan begitu Pemerintah pusat melakukan segenap upaya untuk mengatasi hal tersebut salah satunya adalah memberikan pelatihan dalam program...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya