Jumat 21 Februari 2020, 15:44 WIB

Tanah Bergerak di Tegak Rusak Enam Rumah

Supardji Rasban | Nusantara
Tanah Bergerak di Tegak Rusak Enam Rumah

MI/Supardji Rasban
Warga sedang memperbaiki rumahnya yang rusal

 

Hujan yang terus mengguyur membuat tanah di perbukitan Desa Padasari Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal, mengalami pergerakan dan retak-retak. Akibatnya enam rumah warga mengalami kerusakan.

Baca juga: Bencana Tanah Bergerak Ancam Klaten

Retakan tanah memanjang sedalam 1 meter membuat lantai dan dinding enam rumah warga desa Padasari tersebut rusak, sehingga sebagian penghuninya terpaksa harus mengungsi.

"Ada enam rumah warga di sini yang rusak. Empat rusak berat dan dua lainnya rusak ringan," terang warga bernama Ade Samsudin, (47), Jumat (21/2)

Selain merusak rumah, lanjutnya, sumur warga juga rusak dan hancur akibat tanah yang retak. "Sehingga tidak bisa digunakan atau diambil airnya untuk keperluan sehari-hari," ujar Ade.

Pergerakan tanah masih terjadi hingga Jumat (21/2/). "Warga khawatir keretakan tanah di kawasan perbukitan tersebut semakin meluas atau memanjang. Lebih-lebih curah hujan yang tinggi bisa menyebabkan kondisi retakan semakin parah," katanya.

Selain itu, lanjut Ade, warga berharap Pemerintah Kabupaten Tegal memberikan bantuan kepada pemilik rumah yang mengalami kerusakan. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Berhitung Matang sebelum Mengunci Kota

👤JI/DG/YH/MR/DW/PO/N-2 🕔Selasa 31 Maret 2020, 03:00 WIB
KENEKATAN Wali Kota Tegal, Jawa Tengah, Dedy Yon Supriyono melakukan karantina wilayah secara ketat berbuah...
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Karantina 14 Hari bagi Pemudik

👤Tim/N-2 🕔Selasa 31 Maret 2020, 02:30 WIB
GELOMBANG kedatangan pemudik terbukti sulit dibendung. Sejumlah kepala daerah pun sigap menyiapkan karantina selama 14 hari bagi mereka...
MI/Pius Erlangga

Pakar: Penyemprotan Disinfektan Seharusnya Bukan ke Tubuh

👤Agus Utantoro 🕔Senin 30 Maret 2020, 23:55 WIB
Sebenarnya disinfentan tidak perlu disemprotkan ke tubuh manusia, tetapi ke benda-benda yang sering digunakan bersama, misalnya gagang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya