Jumat 21 Februari 2020, 15:24 WIB

Jokowi: Tol Pekanbaru-Dumai Rampung Sebelum Lebaran

Dhika kusuma winata | Nusantara
Jokowi: Tol Pekanbaru-Dumai Rampung Sebelum Lebaran

MI/Dhika Kusuma Winata
Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan jalan Tol Pekanbaru-Dumai di Provinsi Riau, Jumat (21/2).

 

PRESIDEN Joko Widodo menargetkan pembangunan ruas Tol Pekanbaru-Dumai di Provinsi Riau selesai dalam waktu dua bulan ke depan. Dia meminta penyelesaian tol sepanjang 131,5 kilometer (km) itu dikebut agar bisa digunakan sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Tol Pekanbaru-Dumai diharapkan bisa memangkas waktu perjalanan dan pengiriman logistik. "Dari Pekanbaru sampai Dumai itu 131 km. Kita harapkan nanti akhir April selesai, bisa dipakai. Sehingga, saat Lebaran semua sudah bisa lewat di sini. Jadi kalau dulu jarak tempuh 4-5 jam, ini bisa menjadi 1,5 jam," ucap Jokowi, sapaan akrabnya, saat meninjau Gerbang Tol Pekanbaru, Jumat (21/2).

Berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Tol Pekanbaru-Dumai terdiri dari dua seksi, yakni Pekanbaru-Minas dan Minas-Dumai. Pengerjaan konstruksi keseluruhan sekitar 87%.

Kepala Negara mengatakan ruas Pekanbaru-Dumai juga bagian dari megaproyek Tol Trans-Sumatra sepanjang 2.974 km. Keseluruhan ruas tol dari Bakaheuni hingga Banda Aceh ditargetkan selesai pada 2024.

Baca juga: Awal 2020, Pembangunan Tol Pekanbaru-Padang Dipercepat

"Trans-Sumatra yang sudah beroperasi 460 km, yang dalam proses konstruksi 490 km. Kemudian yang mau dilelang ada 740 km. Kita harapkan juga 2024 sudah tersambung semuanya," tutur Jokowi.

Presiden menekankan proyek infrastruktur harus dikebut agar sesuai jadwal. Mengingat adanya pertimbangan pengembalian investasi. "Saya cek internal rate of return (IRR) masih pada angka 8%-9%. Ya memang kalau gak dimulai, kalau kita nunggu IRR harus tinggi 12%, ya gak dimulai-mulai (pembangunan)," pungkasnya.

Pembangunan infrastruktur tersebut, lanjut dia, diharapkan bisa mendongkrak indeks daya saing Indonesia. Mobilitas barang dan orang diharapkan juga menjadi lebih efisien.

"Semua arahnya ke sana sehingga daya saing kita juga semakin baik. Itu nanti kelihatan di dalam indeks daya saing Indonesia seperti apa. Akan kelihatan di situ," tutup Jokowi.(OL-11)
 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Kerepotan Hadapi Pemudik

👤Kristiadi 🕔Senin 30 Maret 2020, 05:00 WIB
Kasus pemudik positif terjangkit covid-19 membuat repot daerah. Upaya menghadang pemudik dilakukan dengan berbagai...
DOK YOUTUBE/KRATON JOGJA

Tetap Berkesenian walau Harus di Rumah

👤Ardi Teristi Hardi/N-3 🕔Senin 30 Maret 2020, 03:00 WIB
Gerak Beksan Nir Corona tersebut diunggah di akun resmi Instagram Keraton Yogyakarta,...
ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

BMKG Imbau Warga agar Waspada

👤LD/BB/N-3 🕔Senin 30 Maret 2020, 02:00 WIB
Hujan deras yang disertai angin kencang masih berpotensi terjadi di Cilacap dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya