Kamis 20 Februari 2020, 14:10 WIB

Masyarakat Banyak Cari Video Edukasi soal Korona

Rudy Polycarpus | Humaniora
Masyarakat Banyak Cari Video Edukasi soal Korona

AFP
Warga Beijing menggunakan masker guna menghindari penyebaran Korona

 

WABAH virus Korona mendorong masyarakat mengonsumsi informasi sebanyak-banyaknya dalam bentuk video terkait covid-19.

Berdarkan olah data yang dilakukan ADA, sebuah perusahaan analitik yang bagian dari Axiata Group, informasi tentang virus ini pertama kali diunggah dalam bentuk video pada 2008.

Video ini kembali dilihat ketika Korona menjadi wabah di seluruh dunia.

"Kami mengamati pola konsumsi informasi masyarakat di Bangladesh, Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, dan beberapa negara Asia lainnya, terkait dengan virus corona," kata Managing Director ADA Indonesia Kirill Mankovski dalam siaran persnya.

 

Baca juga: Hubei Laporkan 93 Kematian Baru Akibat Virus Korona

 


Menurut Kirill, konsumsi informasi tentang virus Korona paling tinggi ada pada kategori komedi yang dikemas dalam bentuk berita satir. Sementara itu, video yang menampilkan pernyataan resmi dari organisasi nonprofit cenderung tidak banyak dilihat masyarakat.

"Dilihat dari sisi keterlibatan, video dalam kategori hewan & hewan peliharaan mendapatkan reaksi dan komentar yang paling tinggi. Terkait dengan pertama kalinya virus ini ditemukan, masyarakat ingin mengetahui potensi asal virus corona," imbuhnya.


Dilihat dari sisi keterlibatan, video dalam kategori hewan & hewan peliharaan mendapatkan reaksi dan komentar paling tinggi. Terkait dengan pertama kalinya virus ini ditemukan, masyarakat ingin mengetahui potensi asal Korona.

Selain itu, video yang memuat edukasi tentang Korona juga mendapatkan reaksi dan komentar yang cukup tinggi. Video dalam kategori ini mengungkapkan kebenaran atau melaporkan fakta tentang corona.

Data ADA juga menyebutkan bahwa masyarakat Filipina, Bangladesh, dan Malaysia sangat proaktif dalam membuat konten bertema edukasi. Konten-konten semacam ini dibuat guna meningatkan edukasi masyarakat bahayanya Korona.

"Hingga saat ini, Video ACE ada lebih dari 20.000 video tentang virus corona. Beberapa video menampilkan informasi yang mendidik, seperti kiat-kiat agar terhindar dari corona," pungkasnya.

Baca Juga

MI/Wibowo Sangakala

Wujudkan Padat Karya Penanaman Mangrove untuk Bantu PEN

👤Gan/S2-25 🕔Jumat 27 November 2020, 03:40 WIB
Kegiatan PKM yang dimulai sejak September lalu ini digencarkan ke 34...
Antara/Asprilla Dwi Adha

Inovasi Swab Test Chamber UI Raih Penghargaan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 November 2020, 03:18 WIB
Bilik Swab Test Covid-19 ini merupakan salah satu produk inovasi karya civitas akademika multidisiplin ilmu dari Universitas Indonesia...
Antara/Irwansyah Putra

Pilkada Momentum Untuk Mencapai Komitmen IklimĀ 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 27 November 2020, 03:12 WIB
Jka berhasil melindungi hutan alam dan ekosistem gambut yang sangat luas di daerahnya, Kepala Daerah terpilih dapat mengakses berbagai...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya