Kamis 20 Februari 2020, 19:07 WIB

Viral Skull Breaker Challenge, Pengawasan Siswa Harus Diperketat

Thomas Harming Suwarta | Humaniora
Viral Skull Breaker Challenge, Pengawasan Siswa Harus Diperketat

MI/Ramdani
Tayangan Skull Breaker Challenge

 

WAKIL Ketua Komisi X Hetifah Sjiaifudian meminta pihak sekolah untuk merespons serius aktivitas skull breaker challenge yang saat ini tengah digandrungi banyak siswa. Sekolah diminta untuk menindak tegas jika ditemukan para siswanya masih melakukan tantangan yang dinilai berbahaya dan meresahkan orang tua tersebut.

"Kami dorong di sekolah guru sebaiknya meningkatkan pengawasan dan ada imbauan untuk secara umum tidak meniru hal-hal yang berbahaya tersebut. Sudah banyak yang luka-luka di luar negeri karena challenge ini. Sekolah harus serius merespons," kata Hetifah di Jakarta, Kamis (20/2).

Baca juga: BPJS Kesehatan Masih Punya Tanggungan Rp14 T ke RS

Diakui Hetifah bahwa aksi-aksi tersebut banyak dipelajari anak-anak dari media internet melalui TikTok, youtube, instagram dan twitter. "Maka tentu saja ke depannya memang harus ada regulasi dari kita mengenai konten parental control, tidak bisa begitu saja dibebaskan," lanjutnya.

Dalam rangka itu juga orang tua harus lebih ketat lagi mengawasi aktivitas anak-anaknya.  "Termasuk dari sisi orang tua harus selalu memantau apa yang ditonton anaknya, karena biasanya anak mengakses dari gawai orang tua. Ini juga penting diawasi," ungkapnya.

Seperti diketahui, tantangan skull breaker yang viral di media sosial TikTok telah menyebabkan banyak cedera fatal di kalangan remaja. Bahkan di Brazil, seorang remaja meninggal dunia akibat melakukan tantangan ini.

Tantangan ini melibatkan tiga orang, dengan orang di tengah yang melompat. Awalnya dua orang yang di kanan dan kiri akan melompat. Kemudian saat yang di tengah melompat, kedua rekannya di kanan dan kiri akan menjegal kakinya hingga orang bersangkutan terjatuh. Beberapa tantangan di TikTok yang dilakukan oleh para remaja di luar negeri nyatanya mengakibatkan berbagai cedera fatal. (OL-6)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Teresia May

Afgan Syahreza, Ajak Bantu Tenaga Medis

👤Ant/H-3 🕔Senin 30 Maret 2020, 04:00 WIB
PENYANYI Afgan Syahreza, 31, mengajak masyarakat untuk bersama-sama membantu tenaga medis yang berada di garis terdepan dalam melawan...
DOK. INSTAGRAM

Brisia Jodie: Gelar Konser di Depan Rumah

👤Medcom.id/H-3 🕔Senin 30 Maret 2020, 03:30 WIB
Tetangganya yang menonton pun terlihat menjaga jarak satu sama lain, bahkan ada yang turut merekam konser sederhana...
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

IGI Usul kepada Mendikbud Hapus Jalur Prestasi pada PPDB

👤Fer/H-1 🕔Senin 30 Maret 2020, 01:30 WIB
Hasil survei yang mereka selenggarakan, sebagian besar guru di Indonesia menyatakan bahwa nilai rapor bisa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya