Kamis 20 Februari 2020, 18:33 WIB

Jokowi: Pemerintah Terus Pantau Kondisi WNI di Diamond Princess

Andhika prasetyo | Humaniora
Jokowi: Pemerintah Terus Pantau Kondisi WNI di Diamond Princess

MI/Kazuhiro Nogi
) Kapal pesiar Diamond Princess yang bersandar di Pelabuhan Yokohama, Jepang, masih dikarantina untuk menghentikan penyebaran virus korona.

 

PEMERINTAH terus memantau perkembangan kondisi sejumlah warga negara Indonesia (WNI) yang masih dikarantina di kapal pesiar Diamond Princess.

Pada awal Februari, kapal tersebut bersandar di Pelabuhan Yokohama, Jepang, dengan membawa beberapa penumpang positif terjangkit virus korona (COVID-19).

Pemerintah Jepang memutuskan untuk mengkarantina seluruh penumpang di dalam kapal yang membawa 3.700 orang, termasuk 78 orang WNI. Saat ini, 4 orang WNI dilaporkan terinfeksi penyakit mematikan tersebut.

"Sampai saat ini saya telah menerima informasi ada 4 orang WNI yang positif virus korona di kapal pesiar Diamond Princess. Mereka dibawa ke rumah sakit di Jepang," ujar Presiden Joko Widodo di Jakarta, Kamis (20/2).

Baca juga: Dua Mantan Penumpang Diamond Princess Meninggal

Pemerintah melalui KBRI Tokyo dan Kementerian Luar Negeri terus berkomunikasi dengan otoritas Jepang terkait penanganan lanjutan terhadap 74 WNI yang dinyatakan sehat.

"Kita ingin memastikan bahwa mereka mendapat perlakuan sesuai protokol kesehatan yang sudah dikeluarkan WHO. Sekarang ini yang 74 orang WNI masih berada di kapal. Kita masih terus membahas dengan otoritas Jepang," terangnya.

Dalam kesempatan terpisah, Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, mengungkapkan pemerintah berupaya memulangkan 74 WNI yang disebut negatif virus korona.

"Yang pasti kita mau evakuasi. Caranya harus dibahas dengan detail. Menyangkut perizinan dan lain hal," tutur Terawan.(OL-11)

Baca Juga

MI/PANCA SYURKANI

Garin Nugroho: Doa dan Harapan untuk Film Nasional

👤Ant/H-3 🕔Selasa 31 Maret 2020, 03:30 WIB
Sutradara Garin Nugroho, 58, melalui Instagram-nya, kemarin, mengungkapkan keberadaan film ialah sebagai media yang memberi inspirasi bagi...
MI/RAMDANI

Berkembang, Film Indonesia Usai Covid-19

👤Syarief Oebaidilah 🕔Selasa 31 Maret 2020, 00:20 WIB
Sebagai salah satu industri kreatif, perfilman  nasional sudah saatnya mendapat perhatian serius dari pemerintah dan insan...
ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Jangan Sembarang Gunakan Disinfektan

👤Ata/Aiw/Fer/H-2 🕔Selasa 31 Maret 2020, 00:00 WIB
Untuk itu, penggunaan yang salah atau berlebihan dalam mencegah penularan virus korona baru (covid-19) bisa membahayakan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya