Kamis 20 Februari 2020, 18:12 WIB

Diguyur Hujan Deras, 16 Kelurahan di Jakarta Tergenang Banjir

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Diguyur Hujan Deras, 16 Kelurahan di Jakarta Tergenang Banjir

Antara/Aditya Pradana Putra
Warga menyusuri jalan perkampungan yang tergenang banjir luapan air Sungai Ciliwung di Cawang, Jakarta.

 

HUJAN yang mengguyur wilayah Jabodetabek pada Kamis (20/2), dengan akumulasi curah hujan harian tertinggi di Gunung Mas Bogor, menyebabkan 16 kelurahan di Jakarta tergenang banjir.

Selain itu, terjadi kenaikan status siaga di Bendung Katulampa, Pos Pantau Depok dan Pos Pantau Pesanggrahan. Kepala Pusat Data Informasi Kebencanaan (PDIK) BPBD DKI Jakarta, M. Insyaf, mengatakan berdasarkan data yang dihimpun melalui Pusat Data dan Informasi Kebencanaan, terdapat 28 RW atau hanya 1% wilayah Ibu Kota yang terdampak banjir. Itu tersebar di 16 kelurahan dan 10 kecamatan dengan ketinggian banjir maksimal di Kelurahan Cawang yang mencapai 80 cm.

"Tidak terdapat korban jiwa atau luka akibat dari banjir tersebut," kata Insyaf dalam keterangan resmi, Kamis (20/2).

Banjir di wilayah Jakarta, tepatnya terjadi di RW 04 RT 015, Kelurahan Kramat, Jakarta Pusat, ketinggiannya berkisar 10 cm dan mulai berangsur surut.

Baca juga: Ini Alasan Indo Barometer Survei Banjir Jakarta di 34 Provinsi

Lalu, banjir juga terjadi di Jakarta Utara, yakni di Kelurahan Kapuk Muara RW 01 RT 02,03,04 dengan ketinggian banjir 15 cm dan saat ini berangsur surut. Untuk wilayah Jakarta Barat, yaitu RW 01 di Kelurahan Kamal, RW 03, RW 04, RW 05,RW 07 di Kelurahan Pegadungan, RW 10 di Kelurahan Semanan, RW 01 dan RW 08 di Kelurahan Rawa Buaya, RW 01, RW 02, RW 04 di Kelurahan Kedaung Kali Angke, RW 016 di Kelurahan Kapuk, RW 09 dan RW 10 di Kelurahan Cengkareng Barat, RW 06 di Kelurahan Duri Kosambi dan RW 01 di Kelurahan Kedoya Selatan. Ketinggian banjir rata-rata 5-40 cm, yang diakibatkan luapan Kali Angke dan curah hujan tinggi.

Wilayah yang tergenang banjir di Jakarta Selatan, yaitu di Kelurahan Pejaten Timur RW 05 & 08, serta RW 07 di Kelurahan Rawajati. Ketinggian banjir rata-rata 20-30 cm yang diakibatkan luapan Sungai Ciliwung.

Sementara itu, wilayah Jakarta Timur yang tergenang, yaitu di RW 04 dan 05 Kelurahan Rawa Terate, RW 02, RW 03, RW 05 Kelurahan Cawang, berikut RW 04 dan RW 05 Kelurahan Kampung Melayu. Ketinggian banjir rata-rata 10-80 cm yang diakibatkan luapan Sungai Ciliwung dan curah hujan tinggi.

"Upaya penanganan banjir telah dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui BPBD DKI Jakarta, yaitu koordinasi dengan kelurahan terdampak. Serta, memberikan peringatan dini kepada masyarakat di bantaran Sungai Ciliwung dan Sungai Pesanggrahan, dengan menginformasikan kenaikan tinggi muka air sungai melalui media sosial, hingga mengirimkan SMS ke masyarakat di wilayah potensi banjir," paparnya.(OL-11)

 

 

Baca Juga

MI/Susanto

Petugas Medis : Masih Banyak Warga Menyepelekan Covid 19

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 30 Maret 2020, 05:46 WIB
Penularan virus korona antarorang disebabkan tidak disiplin masyarakat dan menganggap remeh penyakit...
Antara

Kadin DKI: Selama Karantina, Akses Bahan Pokok Tak Boleh Terputus

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 29 Maret 2020, 23:15 WIB
Ketua Kadin DKI Jakarta, Diana Dewi menuturkan tidak boleh ada penutupan lalu lintas jalur terhadap mobil atau kapal yang membawa bahan...
MI/Mohamad Irvan

NasDem Buka Posko Kesehatan Bagi Tenaga Medis RSD Wisma Atlet

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 29 Maret 2020, 23:00 WIB
Ketua DPP Badan Rescue Partai NasDem (BRND), M Hariadi Anwar menuturkan pihaknya membuka Posko Kesehatan di The Hotel Media, Jakarta,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya