Kamis 20 Februari 2020, 18:12 WIB

Underpass di Stasiun Pasar Minggu Mulai Uji Coba

Ilham Ananditya | Megapolitan
Underpass di Stasiun Pasar Minggu Mulai Uji Coba

MI/RAMDANI
Calon penumpang kereta commuter line menyeberang peron underpass di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (26/10)

 

MULAI hari ini resmi dilakukan uji coba penggunaan underpass peron sepanjang 37 meter di Stasiun Pasar Minggu. Underpass ini dibuat untuk akses jalur penumpang KRL menuju Depok-Bogor. Tujuannya, demi keamanan dan keselamatan penumpang untuk crossing antar peron, akses lama ditutup dan berpindah secara perlahan menggunakan underpass.

Pada 2020 memang sudah dicanangkan oleh Direktur Utama PT KCI (Kereta Commuter Indonesia), Muhammad Nurul Fadhila, dengan pembangunan underpass atau terowongan di Stasiun Duren Kalibata, Pasar Minggu, Universitas Indonesia, dan Depok.

Baca juga: Gerindra Sebut Tidak Seluruh Kawasan Monas Cagar Budaya

Sosialisasi pengguna kereta commuter line di Stasiun Pasar Minggu oleh petugas keamanan terus dilakukan secara bertahap. Petugas keamanan Stasiun Pasar Minggu, Arry, menilai dengan adanya terowongan tersebut dapat meningkatkan keselamatan pengguna jasa, terutama ketika ada KRL yang akan melintas.

"Sebenarnya mengurangi resiko akses kereta dan penumpang agar tidak tertabrak atau biar penumpang tidak menumpuk di satu jalur peron," ujar Arry.

Untuk penumpang lanjut usia (lansia), hamil, dan disabilitas dapat dibantu petugas menggunakan jalur khusus atau dapat melalui terowongan agar tidak berjalan terlalu jauh. 

Salah seorang penumpang asal Bogor, Damar, 27, menyambut baik adanya terowongan peron tersebut yang dinilai memudahkannya sebagai pengguna jasa kereta api agar tidak kehujanan.

Hal berbeda disampaikan pengguna jasa kereta api, Lia, 30.  Ia mengaku cukup berat menyeberangi underpass di Stasiun Pasar Minggu. 

"Sudah berdesak-desakan masih harus turun jauh jalan ke underpass, capek sih rasanya. Tapi ya di sisi lain bagus juga kalau hujan. Semoga saja lama-lama terbiasa" pungkasnya. (OL-6)

Baca Juga

Antara

Kadin DKI: Selama Karantina, Akses Bahan Pokok Tak Boleh Terputus

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 29 Maret 2020, 23:15 WIB
Ketua Kadin DKI Jakarta, Diana Dewi menuturkan tidak boleh ada penutupan lalu lintas jalur terhadap mobil atau kapal yang membawa bahan...
MI/Mohamad Irvan

NasDem Buka Posko Kesehatan Bagi Tenaga Medis RSD Wisma Atlet

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 29 Maret 2020, 23:00 WIB
Ketua DPP Badan Rescue Partai NasDem (BRND), M Hariadi Anwar menuturkan pihaknya membuka Posko Kesehatan di The Hotel Media, Jakarta,...
Antara

10 Pasien Covid-19 di Depok Sembuh

👤Kisar Rajaguguk 🕔Minggu 29 Maret 2020, 21:55 WIB
Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok Dadang Wihana mengatakan per tanggal 29 Maret 2020, warganya positif...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya