Kamis 20 Februari 2020, 17:45 WIB

Penyelenggaraan PON di Luar Papua Harus Gunakan APBD

Akmal Fauzi | Olahraga
Penyelenggaraan PON di Luar Papua Harus Gunakan APBD

MI/Susanto
Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali.

PEMERINTAH tidak akan menanggung biaya penyelenggaraan 10 cabang olahraga (cabor) Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan digelar di luar Papua. Adapun lokasi penyelenggaraan masih belum ditentukan.

“Ada syarat-syarat jika ditandingkan di luar Papua. Yang paling penting bisa biayai sendiri dari APBD. Ketika berbicara PON hanya 37 cabang olahraga berdasarkan surat keputusan awal,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali di Kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis (20/2).

Amali menambahkan, selain soal biaya, tuan rumah pendamping harus memiliki fasilitas lengkap untuk mempertandingkan 10 cabor tanpa harus membangun sejak awal.

Amali menyatakan, keinginan untuk tetap mempertandingkan 10 cabor itu tidak datang dari Kemenpora. Melainkan dari federasi 10 cabang tersebut. Sebab, mereka sudah melakukan pembinaan berupa pemusatan latihan (puslatda). Bahkan, banyak yang sudah mengadakan kejurnas atau kualifikasi Pra-PON.

’’Daerah-daerah menyampaikan, jangan sampai ada masalah. Karena ini (Puslatda) pakai APBD. Hal-hal itu yang kami pertimbangkan,” jelasnya.

Meski sangat memahami keinginan cabor, Menpora menyebut semua keputusan ada di tangan PB PON. Meskipun dalam revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2017 tentang penyelenggaraan PON Menpora bisa menunjuk tuan rumah, Amali menyebut hal itu masih dikomunikaskan dengan PB PON dan KONI.

“Jawa Timur memang mengaku paling siap untuk jadi tuan rumah 10 cabang itu tapi ini belum diputuskan,” jelasnya.

Perubahan PP Nomor 17 Tahun 2007 itu disebut Menpora sudah ditandatangani Presiden dan sekarang sudah diregistrasi. Namun dia belum dapat memastikan kapan perubahan PP itu bisa diresmikan. (Mal/OL-09)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Jadi Ketum IBA-MMA, Dwi Badarmanto Ingin Bawa MMA Masuk PON

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 20:58 WIB
Sebagai Ketua Umum IBA-MMA, Dwi Badarmanto menegaskan tekadnya untuk membawa olahraga beladiri campuran itu semakin berkembang pesat di...
AFP

Rider Kawatirkan Buruknya Kondisi Sirkuit Brno

👤Akmal Fauzi 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 13:55 WIB
PARA pembalap mengeluhkan kondisi Sirkuit Brno, Republik Ceko yang menjadi tempat seri ketiga MotoGP 2020. Sirkuit sepanjang 5,4 kilometer...
AFP

Elina Svitolina dan Kiki Bertens Mundur dari AS Terbuka

👤Widhoroso 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 03:04 WIB
Svitolina dan Bertens mengikuti langkah beberapa petenis top dunia lainnya yang menyatakan mundur dari AS Terbuka karena khawatir dengan...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya