Kamis 20 Februari 2020, 18:30 WIB

NTT Bangun Perkebunan dan Laboratorium Penelitian Kelor

Palce Amalo | Nusantara
NTT Bangun Perkebunan dan Laboratorium Penelitian Kelor

MI/Palce Amalo
Kelor ( (Moringa oleifera Lam) bermanfaat dari daun sampai akar, berkhasiat untuk pengobatan penyakit dan nutrisi.

 

PROVINSI Nusa Tenggara Timur (NTT) menyiapkan lahan seluas 100 hektare yang di atasnya akan dibangun perkebunan dan laboratorium kelor (Moringa oleifera) pada tahun ini. Lokasi perkebuan kelor disiapkan di Desa Raknamo, Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang. 

"Perkebunan kelor itu akan menyiapkan bahan baku industri daun kelor kering," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian Dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) NTT Lecky Frederich Koli dalam diskusi Satu Tahun Setengah Perjalanan Kepemimpinan Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wakil Gubernur Josef Nae Soi di Kupang, Kamis (20/2).

Industri tersebut akan menghasilkan tepung kelor untuk kepentingan ekspor. Sedangkan laboratorium akan menjadi tempat penelitian dan
pengembangan kelor. 

Perkebunan kelor merupakan salah satu program gubernur dan wakil gubernur NTT untuk mengatasi kekurangan gizi dan stunting di daerah itu, lantaran memiliki nilai gizi dan ekonomis tinggi. 

Menurut Lecky, Gubernur NTT Viktor Laiskodat juga minta seluruh bupati dan wali kota membangun perkebunan kelor, sedangkan setiap keluarga diminta menanam kelor di halaman rumah mereka masing-masing. "Harapannya kita punya akses yang dekat dengan kelor," ujarnya.

Dia mengatakan saat ini beberapa perusahaan mulai memesan tepung kelor dari NTT termasuk dari Jepang. Hanya permintaan itu belum mampu dipenuhi lantaran produksi yang masih terbatas. 

Dia mencontohkan salah satu industri kelor di Kabupaten Malaka masih kekurangan modal, sehingga sesuai rencana akan dibantu oleh badan usaha milik desa (Bumdes). "Kita siapkan 100 bumdes aktif yang akan melakukan transaksi dengan masyarakat. Bumdes akan membeli dan memproduksi daun kelor yang dihasilkan masyarakat," ujarnya. (OL-12)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Berhitung Matang sebelum Mengunci Kota

👤JI/DG/YH/MR/DW/PO/N-2 🕔Selasa 31 Maret 2020, 03:00 WIB
KENEKATAN Wali Kota Tegal, Jawa Tengah, Dedy Yon Supriyono melakukan karantina wilayah secara ketat berbuah...
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Karantina 14 Hari bagi Pemudik

👤Tim/N-2 🕔Selasa 31 Maret 2020, 02:30 WIB
GELOMBANG kedatangan pemudik terbukti sulit dibendung. Sejumlah kepala daerah pun sigap menyiapkan karantina selama 14 hari bagi mereka...
MI/Pius Erlangga

Pakar: Penyemprotan Disinfektan Seharusnya Bukan ke Tubuh

👤Agus Utantoro 🕔Senin 30 Maret 2020, 23:55 WIB
Sebenarnya disinfentan tidak perlu disemprotkan ke tubuh manusia, tetapi ke benda-benda yang sering digunakan bersama, misalnya gagang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya