Kamis 20 Februari 2020, 17:09 WIB

KOI Pastikan Olimpiade 2020 Tokyo Digelar Sesuai Jadwal

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga
KOI Pastikan Olimpiade 2020 Tokyo Digelar Sesuai Jadwal

MI/Vicky Gustiawan
Ketua Umum KOI (Komite Olimpiade Indonesia) Raja Sapta Oktohari.

KOMITE Olimpiade Indonesia (KOI) memastikan hingga kini tidak ada perubahan atau pergeseran waktu perubahan jadwal pelaksanaan Olimpiade 2020 Tokyo.

Kepastian tersebut didapatkan Ketua Umum KOI, Raja Sapta Oktohari melalui komunikasinya dengan pihak penyelenggara pembukaan dan penutupan Olimpiade 2020.

Sebelumnya, beberapa kabar mengklaim jika pesta olahraga terbesar di dunia itu akan diundur hingga dibatalkan akibat mewabahnya virus korona.

“Masih terus berjalan, karena sampai hari ini tidak ada informasi apapun mengenai pergeseran jadwal terkait virus korona,” ujar pria yang akrab disapa Okto.

Menurut Okto, penyakit korona tidak bisa hidup di musim panas yang akan berlangsung di Tokyo. Musim panas yang ada di Tokyo akan mencapai suhu 37 derajat Celsius.

“Di Jepang nanti akan sangat panas, jadi itu yang membuat penyelenggara tak menghambat jadwal Olimpiade,” ujar pria yang juga Ketua Umum PB ISSI itu.

“Jangan sampai ketakutan akan korona membuat Olimpiade dibatalkan. Karena untuk menggeser waktu Olimpiade pasti membutuhkan biaya yang sangat tinggi,” tambahnya.

Bahkan, Okto mencontohkan gelaran Tokyo Maraton saja tetap diadakan meski hanya memperlombakan level elite-nya saja. “Mereka mencoba mengeleminasi masalah agar Olimpiade tetap berjalan sesuai jadwal yang ditentukan,” ucapnya.

Jepang disebut sudah banyak mengeluarkan biaya untuk menjadi tuan rumah Olimpiade. Sebelumnya, Jepang kalah dalam bidding Olimpiade 2016 dan telah menghabiskan dana sekitar Rp1,7 triliun. Kini Jepang tentu tak ingin kembali menghabiskan banyak dana karena harus menggeser jadwal Olimpiade. (Ykb/OL-09)

Baca Juga

Antara

Fajar Alfian Rela tak Pulang Kampung Selama Wabah Covid-19

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 29 Maret 2020, 20:05 WIB
Pebulu tangkis Indonesia Fajar Alfian memilih bertahan di asrama PBSI selama wabah virus covid-19 karena tak ingin mengambil...
AFP/Charly Triballeau Warga

Olimpiade Tokyo Dijadwalkan Digelar 23 Juli 2021

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 29 Maret 2020, 17:00 WIB
Tanggal tersebut juga diprediksi sesuai dengan kondisi cuaca Tokyo yang tidak terlalu...
AFP

Meski Kecewa, Naomi Osaka Dukung Penundaan Olimpiade

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Maret 2020, 08:06 WIB
Petenis asal Jepang, Naomi Osaka, kecewa dengan penundaan Olimpiade Tokyo 2020. Namun, dia mendukung keputusan itu di tengah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya