Kamis 20 Februari 2020, 12:30 WIB

Pengaspalan Monas untuk Formula E Dijadwalkan Rampung Mei

Cindy Ang | Megapolitan
Pengaspalan Monas untuk Formula E Dijadwalkan Rampung Mei

AFP/David Dee Delgado/Getty Images
Balapan Formula E di Brooklyn, New York

 

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) bakal mengerjakan pengaspalan untuk perhelatan Formula E di kawasan Medan Merdeka dan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Pengaspalan bakal menimpa batu alam (cobblestone) yang terpasang di kawasan tersebut.

"Nanti aspalnya akan ditimpa di atasnya. Perencanaan pengaspalan kita harapkan selesai sebulan sebelum event," ucap Direktur Utama Jakarta Propertindo Dwi Wahyu Daryoto di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (20/2).

Dwi melanjutkan pengaspalan selesai sebulan sebelum event agar aspal lebih kokoh saat ajang balap mobil listrik itu. Masyarakat juga setidaknya bisa merasakan pengalaman berpacu di atas aspal khusus balapan internasional itu.

"Kalau bisa aspal itu dilewati oleh kendaraan yang lain dulu. nanti publik bisa merasakan aspal mobil balap seperti ini. Tujuannya supaya itu lebih kuat lebih nempel jadi pada waktu hari H itu tidak ngelotok," terang Dwi.

Baca juga: Megawati Protes Formula E di Monas

Dwi memastikan batu alam yang akan ditimpa aspal tersebut bukan bagian dari cagar budaya Monas. Pemasangan batu alam setidaknya dilakukan 15 tahun belakangan oleh PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk.

Dia menambahkan kemungkinan aspal balapan Formula E bakal bersifat permanen. Sebab aspal dinilai lebih ramah disabilitas ketimbang batu alam.

"Kira-kira kalau kita punya saudara yang pakai kursi roda, nyaman tidak jalan di situ? Makanya saya konsisten saya bilang kalau boleh tidak diambil lagi tidak apa-apa karena bagus untuk difabel. Jadi teman-teman mau nyeberang ke Monas itu nyaman," ujar Dwi.

Dwi menuturkan pengaspalan bakal mulai dilakukan setelah pihaknya selesai berkoordinasi dengan Dinas Ketenagakerjaan DKI. Serta mengantongi rekomendasi rekayasa lalu lintas dari Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

Formula E akan berlangsung pada 6 Juni 2020. Olahraga yang berkembang pesat ini menampilkan mobil balap bertenaga listrik yang memiliki kemiripan dengan balap mobil jet darat Formula 1.

Balapan akan berlangsung di Monas, Jakarta Pusat. Sirkuit balapan mobil ini diracang sepanjang 2,6 kilometer dengan 11 tikungan. (OL-1)

Baca Juga

Ilustrasi

Polisi Tangkap Penyebar Video Porno Mirip Syahrini

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 27 Mei 2020, 21:49 WIB
Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan pihaknya menangkap para tersangka di Kediri, Jawa...
MI/Ramdani

Anies Ingatkan, Masyarakat tidak Taat PSBB Diperpanjang

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 27 Mei 2020, 21:36 WIB
Anies Baswedan kembali mengingatkan agar masyarakat taat terhadap imbauan pemerintah terhadap aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar,...
Antara

Nekat ke Jakarta Tanpa SIKM, Tujuh Orang Dikarantina

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 27 Mei 2020, 21:12 WIB
DKI Jakarta memberikan sanksi tegas kepada tujuh warga yang masih nekat masuk Ibu kota tanpa memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM)....

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya