Kamis 20 Februari 2020, 08:50 WIB

Pemain Biola Ini Tetap Bermain Saat Dibedah

Basuki Eka Purnama | Internasional
Pemain Biola Ini Tetap Bermain Saat Dibedah

AFP/KING'S COLLEGE HOSPITAL
Musisi Dagmar Turner bermain biola saat menjalani operasi pengangkatan tumor dari kepalanya.

 

SEORANG pemain biola membantu dokter menghindari area fatal di otaknya saat operasi untuk mengangkat sebuah tumor dengan memainkan alat musiknya. Hal itu diungkapkan sebuah rumah sakit di Inggris tempat operasi itu digelar.

Dokter bedah meminta Dagmar Turner untuk bermain biola untuk memastikan area otak yang bertanggung jawab mengatur pergerakan tangan rumit tidak terpengaruh dalam operasi yang mereka lakukan.

Turner, musisi berusia 53 tahun, didiagnosa mengalami tumor setelah kejang-kejang saat konser. Dia kemudian memutuskan untuk menjalani operasi.

Profesor Keyoumars Ashkan, konsultan bedah syaraf di Rumah Sakit King's College di London Selatan mengungkapkan rencana itu yang bertujuan melindungi sel-sel vital yang berada di bagian depan kanan otak Turner.

Baca juga: Dua Warga Iran Meninggal Positif Korona

Area itu berada dekat dengan area otak yang mengendalikan pergerakan mikro tangan kanan yang dibutuhkan untuk mengatur irama biola.

Tim medis mengusulkan akan Turner dibangunkan di tengah prosedur agar dia bisa bermain biola dan dimonitor untuk memastikan koordinasi tangannya tidak terpengaruh.

Rekaman video operasi itu menunjukkan Turner bermain biola saat doker memonitor pergerakannya di monitor.

"Kami telah melakukan sekitar 400 operasi pengangkatan tumor setiap tahun dimana kami membangunkan pasien untuk uji bahasa. Namun, ini adalah kali pertama saya meminta pasien memainkan alat musik," ujar Ashkan.

"Kami berhasil mengangkat lebih dari 90% tumor termasuk yang berada di area aktivitas agresi sembari mempertahankan fungsi penuh tangan kirinya," imbuhnya.

Turner mengaku ancaman kehilangan kemampuannya bermain biola membuatnya sedih.

"Ashkan dan tim di King's College melakukan segalanya dalam operasi ini, mulai dari memetakan otak saya hingga merencanakan metode operasi agar saya masih bisa bermain biola," jelas Turner,

Turner yang telah bermain biola sejak usia 10 tahun menjalani operasi pengangkatan tumor itu pada bulan lalu. Dia meninggalkan rumah sakit tiga hari pascaoperasi.

"Berkat kerja keras mereka, saya berencana kembali bermain di orkestra dalam wakttu dekat," pungkas Turner. (AFP/OL-1)

 

Baca Juga

AFP

Pekan ini, Armenia-Azerbaijan Bertemu dengan Menlu AS

👤MI 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 01:45 WIB
MINGGU ini, menteri luar negeri Armenia dan Azerbaijan akan bertemu secara terpisah dengan Menteri Luar Negeri AS Mike...
Dok. Twitter @Jokowi

Istana: Jalan Jokowi di UEA tak Pengaruhi Dukungan RI ke Palestina

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 01:31 WIB
Sejumlah pihak menduga UEA berupaya mempersuasi Indonesia mendukung UEA yang tengah berupaya menormalisasi hubungan diplomatik dengan...
AFP

Polisi Nigeria Pelaku Penembakan Demonstran di Lagos

👤MI 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 01:25 WIB
AMNESTY International mengatakan sejumlah pengunjuk rasa telah dibunuh pasukan keamanan Nigeria di Negara Bagian...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya