Kamis 20 Februari 2020, 08:03 WIB

Jembatan Ambruk Diterjang Banjir Akses Dua Desa Terputus

Adi Kristiadi | Nusantara
Jembatan Ambruk Diterjang Banjir Akses Dua Desa Terputus

MI/Adi Kristiadi
Jembatan terputus dihantam luapan air Sungai Cijolong

 

HUJAN deras yang terjadi sejak Rabu siang (19/2) hingga sore menyebabkan anak sungai Cijolong, Cigunung meluap dan menghantam jembatan sepanjang 10 meter dan lebar 3 meter, ambruk. Akibatnya warga di blok Pasawahan, Desa Nagarajaya dan Nagarajati, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terisolisasi.

Beruntung saat kejadian pada pukul 16.00 WIB tersebut tidak ada korban jiwa. Beberapa rumah rusak dan 15 hektare persawahan di Desa Sagalaherang, Panawangan, Ciamis tergenang banjir.

"Luapan Sungai Cigunung akibat hujan deras mengakibatkan jembatan penghubung Desa Nagarajaya dan Desa Nagarajati ambruk. Kami sudah laporkan ke BPBD dan pemerintah daerah agar secepatnya dibangun lagi," kata Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis, Dimas Ardianto, Kamis (20/2).

Dimas mengatakan, masyarakat tengah mencari solusi membuat jembatan darurat agar bisa dilalui pejalan kaki. Terutama agar bisa dilalui pelajar dan pegawai yang akan berangkat kerja.

Disisi lain, Ketua Tagana Kabupaten Ciamis Ade Waluya mengingatkan,   wilayah Ciamis masih kategori rawan bencana banjir, longsor dan pergerakan tanah. Kejadian yang sering kali terjadi di Kecamatan Tambaksari, Rancah, Panawangan, Banjarsari, Cikoneng, Panumbangan, Pamarican, Sadananya dan Cidolog.

"Dalam musibah yang terjadi di Pamawangan, tim Tagana akan membantu proses evakuasi warga bersama BPBD, Polri, TNI dan berupaya mencari solusi agar jembatan penghubung itu bisa dilintasi masyarakat. Jika memang tidak ada jalan lain tentu akan dibuatkan jembatan darurat penyebrangan," paparnya. (OL-13)

Baca Juga

Mi/Tosiani

Pasar di Temanggung Sepi karena Covid-19

👤Tosiani 🕔Senin 06 April 2020, 09:03 WIB
Saat ini, puasa tinggal sekitar 19 hari lagi dalam hitungannya. Namun, karena terdampak pandemi covid-19, kondisi pasar sepi. Nyaris tidak...
MI/Palce Amalo

ODP Covid-19 di NTT 684 Orang, 13 Dirawat

👤Palce Amalo 🕔Senin 06 April 2020, 08:44 WIB
Saat ini, arus penumpang ke NTT terus bertambah terutama melalui pelabuhan...
MI/Furqon Ulya Himawan

PAD Yogyakarta Diprediksi Turun 50% Akibat Covid-19

👤Agus Utantoro 🕔Senin 06 April 2020, 08:02 WIB
"Pajak hotel, pajak restoran, maupun retribusi lainnya akan mengalami penurunan yang cukup...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya