Kamis 20 Februari 2020, 08:55 WIB

Universitas Pertahanan Tingkatkan SDM Kelas Dunia

Universitas Pertahanan Tingkatkan SDM Kelas Dunia

MI/DEDE SUSIANTI
Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Letjen TNI Tri Legionosuko (tengah)

 

UNIVERSITAS Pertahanan (Unhan) bergerak cepat menyikapi arahan Presiden Joko Widodo terkait dengan peningkatan sumber daya manusia. Upaya itu diimplementasikan dengan rapat koordinasi teknis (rakornis) yang digelar di Kampus Bela Negara, Kompleks IPSC-PMPP TNI, Sentul, Jawa Barat, kemarin.

Rakornis tahun ajaran 2020 itu mengambil tema Meningkatkan kinerja dan membangun sumber daya manusia yang unggul dengan semangat bela negara yang profesional menuju world class defense university untuk mendukung pertahanan semesta yang kuat.

"Dalam rakornis ini kami mengundang para stakeholder yang berkaitan dengan pendidikan tinggi Unhan. Kami ingin menyampaikan beberapa hal atensi yang harus kita tempuh pada program perguruan tinggi. Kita mengikuti arahan Bapak Presiden tentang bagaimana mewujudkan sumber daya manusia," ungkap Rektor Universitas Pertahanan Letjen TNI Tri Legionosuko.

Dalam sambutan sekaligus pembukaan rakornis, Rektor Unhan menyampaikan bahwa rakornis ini diharapkan mampu memberikan spirit atau dorongan untuk melaksanakan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi Unhan dalam menyiapkan kader intelektual bela negara. Tema rakornis kali ini merupakan turunan dari kebijakan pertahanan negara pada bidang pendidikan tinggi.

Menurutnya, pengaruh persaingan global yang semakin tajam dan seakan tidak mengenal batas-batas teritorial negara telah melanda seluruh aspek atau bidang kehidupan.

"Perkembangan teknologi informasi telah menjadikan dunia semakin terasa kecil. Kecepatan dan ketepatan dalam mengambil tindakan menjadi kunci keberhasilan agar mampu mengambil keputusan secara cepat dan tepat. Unhan harus selalu update dan memiliki banyak mitra. Unhan akan terus mengevaluasi kinerja secara transparan, tetap percaya diri dan selalu terbuka untuk menerima masukan," tandas Letjen Tri.

Rakornis antara lain dihadiri Satker Kementerian Pertahanan, Kemenristek/BRIN, perguruan tinggi mitra, pejabat kementerian/lembaga, guru besar, dan dosen Unhan.

Ada tiga narasumber, yaitu Plt Sekretaris Ditjen Kemenristek/BRIN Aris Junaidi, Asisten Deputi Standardisasi Jabatan dan Pengembangan Karier SDM Aparatur Kemenpan dan Reformasi Birokrasi, serta Karo Ortala Setjen Kemenhan Antonius Bambang Budi Wibowo. (DD/P-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/ama.

Di Tengah Wabah Korona, Besok DPR tetap Bersidang

👤 Dhika Kusuma Winata 🕔Minggu 29 Maret 2020, 20:30 WIB
Ia menjamin pembahasan rancangan undang-undang juga akan tetap berjalan, termasuk prioritas yang telah ditetapkan sebelumnya seperti...
MI/SUPARDJI RASBAN

Pemerintah harus Secepatnya Karantina Wilayah

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 29 Maret 2020, 19:31 WIB
Indonesia tak mengenal istilah lockdown. Tapi Indonesia mempunyai konsepnya sendiri yaitu karantina...
Medcom.id/Whisnu Mardiansyah.

KSP: Legitimasi Perppu Penundaan Pilkada Harus Kuat

👤Indriyani Astuti 🕔Minggu 29 Maret 2020, 19:04 WIB
Menurut Sigit, apapun opsi yang akan diambil oleh KPU, termasuk apabila nantinya pemerintah menerbitkan Perppu, legitimasinya harus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya