Rabu 19 Februari 2020, 20:11 WIB

Dua Taman Nasional di Banyuwangi Teraliri Listrik

Usman Afandi | Nusantara
Dua Taman Nasional di Banyuwangi Teraliri Listrik

Antara
Wisata pantai Taman Nasional Meru Betiri, Banyuwangi

 

JARINGAN listrik untuk dua taman nasional (TN) bagian selatan Kabupaten Banyuwangi, mulai beroperasi, setelah diresmikan PLN distribusi Jawa Timur (Jatim), Rabu (19/2)

Listrik akan menerangi TN Alas Purwo dan desa di TN Meru Betiri.

''Pertumbuhan kita per Desemeber 2019 lalu sudah mencapai 99,29 persen di atas rata-rata pertumbuhan nasional, tetapi memang ada beberapa kabupaten di Jawa Timur pertumbuhannya di bawah rata-rata pertumbuhan Nasional,'' kata General Manager PLN Unit Jawa Timur, Bob Saril seusai peresmian disaksikan Bupati Banyuwangi, Abdulah Azwar Anas.

Meskipun pertumbuhan listrik di Jatim melebihi pertumbuhan Nasional, namun menurut Bob, ada beberapa Daerah yang masih belum bisa di
jangkau jarigan listrik, seperti daerah yang memiliki letak geografis yang sulit, serta daerah-daerah kepulauan.

''Di wilayah Jatim ada sekitar 220  pulau yang berpenghuni itu sekitar 53 pulau, kita akan baru melistriki tahun ini ada 23 pulau, dan pada tahun 2020 kita menargetkan 100 persent,'' ungkapnya.

Menurut Bab, jaringan listrik di kawasan TN Alas Purwo memiliki panjang jaringan 21.288 Meter Sirkuit (MS), selain itu PLN sendiri
juga memasang Setasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) yang terletak di resort pancur.

''Kalau di Alas Purwo, kita menyasar pariwisata dan nantinya diharapkan dengan adanya listrik di sini, dapat mendukung perkembangan
pariwisata di Banyuwangi. Apalagi bulan depan kan ada even internasional Surving,'' Ujarnya.

Sedangkan jarigan listrik Desa, di Kawasan Taman Nasional Meru Betiri memiliki panjang jarigan 12.247 MS, selain itu di sana terdapat penduduk sekitar 300 kepala kluarga.

''Meskipun belum sepenuhnya teraliri jarigan listrik, semoga bermanfaat bagi masyarakat,'' tuturnya.

Kawasan Taman Nasioanl Alas Purwo Banyuwangi sendiri, bersetatus sebagai Geopark nasional dan Cagar Biosfer Dunia, dengan luas sekitar 43.420 hektare dan terbagi menjadi beberapa zona bagian, yaitu zona inti 17.200 ha, zona rimba 24.767 ha, zona pemanfaatan 250 ha, dan zona penyangga 1.203 ha.

Selain itu TN alas Purwo memiliki keindahaan yang bisa dinikmati, Data dari TN Alas Purwo sendiri terdapat keanekaragaman hayati, yang
terdiri dari 700 flora, 50 jenis mamalia, 320 burung, 15 jenis amfibi, dan 48 jenis reptil yang hidup di kawasan area tersebut.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdulah  Azwar Anas, sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh pihak PLN, yang telah menyambungkan jarigan listrik di TN Alas Purwo maupun jarigan listrik Desa di Kawasan Taman Nasional Meru Betiri.

''Kami sangat bertrimakasih kepada PLN, yang telah menyambungkan listrik, dan mudah-mudahan kedepan dengan tersambungnya listrik ini, menjadi semangat baru bagi perkembangan Destinasi pariwisata di Banyuwangi,'' pungkasnya. (OL-2) .

 

Baca Juga

DOK YOUTUBE/KRATON JOGJA

Tetap Berkesenian walau Harus di Rumah

👤Ardi Teristi Hardi/N-3 🕔Senin 30 Maret 2020, 03:00 WIB
Gerak Beksan Nir Corona tersebut diunggah di akun resmi Instagram Keraton Yogyakarta,...
ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

BMKG Imbau Warga agar Waspada

👤LD/BB/N-3 🕔Senin 30 Maret 2020, 02:00 WIB
Hujan deras yang disertai angin kencang masih berpotensi terjadi di Cilacap dan...
Antara

Warga Positif Covid-19 dari Tulungagung Diduga Berada di Blitar

👤Henri Siagian 🕔Minggu 29 Maret 2020, 23:54 WIB
Dan pada Minggu (29/3) status pasien tersebut dinyatakan positif...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya