Rabu 19 Februari 2020, 20:07 WIB

Warga DKI Galang Donasi 1 Juta Masker untuk Wuhan

Aries Wijaksena | Humaniora
Warga DKI Galang Donasi 1 Juta Masker untuk Wuhan

AFP
Kondisi warga Wuhan, Tiongkok, pada 18 Februari 2020.

 

VIRUS Corona atau Covid-19 yang mewabah di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok, menggugah kepedulian masyarakat di Jakarta.

Komunitas yang menamakan diri Aliansi Masyarakat Peduli Wuhan (AMPW) akan menggalang dana bantuan lewat acara kemanusiaan bertajuk ‘Spirit for Wuhan’. Rencananya, kegiatan kemanusiaan ini akan dihelat di  Food Street, Pantai Maju, PIK Island, Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara pada Jumat (21/2) mulai pukul 18.00 WIB.

“Spirit for Wuhan semacam acara kemanusiaan sekaligus memberikan dukungan moral kepada saudara-saudara kita di Wuhan yang sedang berjuang menghadapi serangan virus corona. Dalam acara ini, kita akan kumpulkan donasi untuk membeli satu juta masker yang akan disumbangkan kepada masyarakat Wuhan,” kata ketua panitia acara Spirit for Wuhan Ardy Susanto di Jakarta, Rabu (19/2).

Menurut Ardy, Spirit for Wuhan akan diisi dengan beragam kegiatan, di antaranya penyampaian narasi seputar kondisi terkini di Wuhan, speech dari sejumlah tokoh nasional seperti Wapres KH Ma’ruf Amin, doa bersama para cendikiawan dan tokoh agama, pengumpulan donasi, serta penyalaan 2.020 lilin. Selain itu, sejumlah artis dan seniman Ibu Kota juga akan hadir dalam kegiatan kemanusiaan ini.

“Acara ini terbuka untuk umum. Karena itu, kami mengajak semua lapisan masyarakat dari berbagai profesi, suku, dan agama untuk hadir dalam acara ini sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan terhadap saudara-saudara kita di Wuhan,” tutur Ardy.

Menurut Ardy, panitia juga mengundang sejumlah tokoh-tokoh nasional dari kalangan pemerintah, DPR, ICMI, serta tokoh-tokoh agama dan masyarakat lainnya. “Panitia sudah mengundang Pak Mahfud MD (Menko Polhukam), Bu Yenny Wahid (Wahid Institute), dan Pak Muhammad Najib (ICMI). Semua masih dalam proses konfirmasi,” ungkapnya.

Ardy mengungkapkan, gagasan menggelar acara ‘Spirit for Wuhan’ ini dilatarbelakangi kondisi Wuhan yang sampai saat ini masih ‘dihantui’ wabah virus corona (Covid-19). “Sudah lebih dua bulan masyarakat Wuhan terisolasi. Mereka sangat menderita, karena tidak bisa berpergian kemana-mana,” ujarnya.

Wabah Covid-19 di Wuhan bukan hanya persoalan masyarakat Wuhan semata, tetapi sudah menjadi persoalan kemanusiaan di dunia, termasuk persoalan masyarakat di Indonesia. “Itu sebabnya, kita harus memberikan semangat kepada masyarakat Wuhan. Kita berdoa, semoga secepatnya ditemukan antivirusnya, sehingga tidak ada lagi yang menjadi korban virus corona ini,” katanya.

Seperti dilaporkan South China Morning Post (SCMP), hingga Rabu (19/2/2020) pagi pukul 09.00, ada 2.009 total kematian dari seluruh dunia akibat virus corona. Sebanyak 5 kematian di antaranya di luar daratan China. Sementara kasus positif corona sudah menembus angka 75.196 kasus. Sedangkan jumlah pasien yang sembuh tercatat 14.448 orang. (A-2)

 

Baca Juga

ANTARA/Hafidz Mubarak A

Kepala Daerah Diingatkan Harus Cermat Sebelum Ajukan PSBB

👤Supardji Rasban 🕔Senin 06 April 2020, 08:24 WIB
"Jangan sampai ketika Menkes menetapan PSBB di suatu wilayah, daerah belum siap mengenai anggaran dan operasionalisasi jaring pengaman...
ANTARA/Prasetia Fauzani

Kolaborasi Ciptakan Kegiatan Belajar Mengajar di Rumah

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 April 2020, 08:00 WIB
Supriano berharap, ke depannya akan semakin banyak model pembelajaran berbasis teknologi yang dibagikan di halaman...
DOK KEMENPAREKRAF

Fasilitas Tinggal Garis Depan untuk Pejuang Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 April 2020, 08:00 WIB
Kemenparekraf bersama sejumlah pelaku industri perhotelan memberikan fasilitas tinggal kepada dokter dan para tenaga medis untuk memudahkan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya