Rabu 19 Februari 2020, 16:33 WIB

Sumsel Siap Suplai Listrik se-Sumatra

Dwi Apriani | Nusantara
Sumsel Siap Suplai Listrik se-Sumatra

MI/Dwi Apriani
Gubernur Sumsel Herman Deru

 

GUBERNUR Sumatra Selatan Herman Deru memberikan lampu hijau terkait pelaksanaan proyek pembangunan transmisi 500 KV Sumatera, Muara Enim-New Aur Duri Jambi yang akan dilakukan oleh PT Waskita Karya.

Percepatan pembangunan transmisi ini diyakininya dapat semakin memantapkan Sumsel sebagai daerah andalan penyuplai listrik se-Sumatra.

''Pada prinsipnya kita sambut baik hal ini. Apalagi Sumsel memang sudah dicanangkan sebagai penyuplai listrik se Sumatra,'' tutur Herman Deru, Rabu (19/2).

Ia mengingatkan agar Waskita dapat menghindari konflik sekecil apapun saat pembebasan lahan dilakukan. Caranya dengan melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat dengan  benar.

''Bila perlu agar masyarakat tidak khawatir soal kesehatan, Waskita bisa membawa ahli kesehatan. Selebihnya silahkan jalan,'' jelasnya.

Sementara itu Senior Vice President EPC Division PT Waskita Karya Purma Yose Rizal mengatakan, pihaknya menemui Gubernur Sumsel untuk bersilaturahmi juga menginformasikan soal persiapan pembangunan transmisi 500 KV Sumatera, Muara Enim -New Aur Duri.

''Kita akan mulai jalan pembangunan transmisi. Segmennya dari Muara Enim ke New Aur Duri dan masuk di beberapa kabupaten kota di Sumsel di antaranya Muara Enim, Prabumulih dan Pali,'' jelas Purma.

Saat ini, lanjut Purma, proses pembangunan tengah masuk dalam tahapan penyesuaian tata ruang untuk kemudian penetapan lokasi. Sedangkan untuk amdal diakuinya sudah berjalan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Terkait pembebasan lahan tanpa konflik yang dipesankan Gubernur Sumsel, Purma menjelaskan bahwa sejak awal, sekitar 633 tapak yang akan dibangun itu memang jauh dari pemukiman penduduk.

''Dari 633 tapak, 78 persennya ada di Sumsel. Dan itu 400 tapaknya merupakan kawasan non hutan juga bukan di pemukiman padat penduduk,'' jelasnya.

Menurut Purma dengan adanya jaringan utama dari transmisi ini nanti akan dapat menyangga produksi listrik dari pembangkit listrik Mulut Tambang di Sumsel sebesar ribuan MW.

''Saat ini kita juga sudah mulai ke kabupaten kota untuk penyesuaian desain tata ruang,'' pungkasnya. (OL-2)

 

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Berhitung Matang sebelum Mengunci Kota

👤JI/DG/YH/MR/DW/PO/N-2 🕔Selasa 31 Maret 2020, 03:00 WIB
KENEKATAN Wali Kota Tegal, Jawa Tengah, Dedy Yon Supriyono melakukan karantina wilayah secara ketat berbuah...
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Karantina 14 Hari bagi Pemudik

👤Tim/N-2 🕔Selasa 31 Maret 2020, 02:30 WIB
GELOMBANG kedatangan pemudik terbukti sulit dibendung. Sejumlah kepala daerah pun sigap menyiapkan karantina selama 14 hari bagi mereka...
MI/Pius Erlangga

Pakar: Penyemprotan Disinfektan Seharusnya Bukan ke Tubuh

👤Agus Utantoro 🕔Senin 30 Maret 2020, 23:55 WIB
Sebenarnya disinfentan tidak perlu disemprotkan ke tubuh manusia, tetapi ke benda-benda yang sering digunakan bersama, misalnya gagang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya