Rabu 19 Februari 2020, 16:06 WIB

Tol Purbaleunyi Longsor, Lalulintas Direkayasa Akhir Pekan

Devi Gunawan | Nusantara
Tol Purbaleunyi Longsor, Lalulintas Direkayasa Akhir Pekan

MI/Devi Gunawan
Situasi upaya perbaikan titik longsor tol Purbaleunyi

 

MENYUSUL upaya penanganan longsor di ruas jalan tol Purbaleunyi Km118+600, PT Jasa Marga akan melakukan rekayasa lalu lintas pada akhir pekan ini.

Menurut General Manager PT Jasa Marga Cabang Purbaleunyi, Pratomo Bimawan Putra, PT Jasa Marga juga rencananya akan mengadakan simulasi pengalihan lajur kendaraan golongan dua di sekitar area longsor pada Kamis (20/2)

"Sementara untuk pembatasan kendaraan berat dilaksanakan sebagai emergency plant. Jadi apabila terjadi emergency terhadap kondisi lereng di area tol ini maka akan dilakukan pengalihan kendaraan berat keluar menuju GT Padalarang Timur," ujar Pratomo.

Sementara itu, Kakorlantas Polri, Irjen Pol Istiono mengatakan, rekayasa lalu lintas di ruas Tol Purbaleunyi yang mengalami longsor hanya bersifat situasional.

"Situasional, kita berlakukan jika ada trigger, masalah seperti ada kepadatan. Untuk volume kendaraan akan kita baca nanti," kata Kakorlantas Polri, Irjen Pol Istiono saat meninjau lokasi longsor, Rabu (19/2).

Istiono menerangkan, jika kondisi lalu lintas di tol masih lancar, maka rekayasa lalu lintas dimana salah satunya dengan cara contra flow tidak perlu dilakukan.

"Kalau terjadi kepadatan hingga menimbulkan antrean panjang dan menganggu pengguna jalan, kita langsung berlakukan contra flow," ungkapnya.

Sedangkan upaya penanganan longsor ruas jalan tol Purbaleunyi Km118+600 tepatnya di kampung Hegarmanah, Desa Sukatani, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, PT Jasa Marga menargetkan rampung dalam satu bulan.

"Schedule pekerjaan satu bulan, pekerjaan darurat yang kita lakukan adalah pemasangan sheet pile atau tiang pancang agar badan jalan tak terganggu. Kemudian yang permanen, kita pasang counter weight dengan beberapa perkuatan di kaki lereng," terang General Manager PT Jasa Marga Cabang Purbaleunyi, Pratomo Bimawan Putra di lokasi, Rabu (19/2).

Dia mengungkapkan, perbaikan tebing yang longsor akan diatur waktunya agar tak mengganggu lalu lintas tol arah Bandung-Jakarta. (OL-2)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Berhitung Matang sebelum Mengunci Kota

👤JI/DG/YH/MR/DW/PO/N-2 🕔Selasa 31 Maret 2020, 03:00 WIB
KENEKATAN Wali Kota Tegal, Jawa Tengah, Dedy Yon Supriyono melakukan karantina wilayah secara ketat berbuah...
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Karantina 14 Hari bagi Pemudik

👤Tim/N-2 🕔Selasa 31 Maret 2020, 02:30 WIB
GELOMBANG kedatangan pemudik terbukti sulit dibendung. Sejumlah kepala daerah pun sigap menyiapkan karantina selama 14 hari bagi mereka...
MI/Pius Erlangga

Pakar: Penyemprotan Disinfektan Seharusnya Bukan ke Tubuh

👤Agus Utantoro 🕔Senin 30 Maret 2020, 23:55 WIB
Sebenarnya disinfentan tidak perlu disemprotkan ke tubuh manusia, tetapi ke benda-benda yang sering digunakan bersama, misalnya gagang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya