Rabu 19 Februari 2020, 15:40 WIB

Polda Musnahkan 1,3 Ton Ganja, 288 Kg Sabu, dan Ekstasi

Tri Subarkah | Megapolitan
Polda Musnahkan 1,3 Ton Ganja, 288 Kg Sabu, dan Ekstasi

MI/Andri Widiyanto
Polisi menunjukkan barang bukti narkoba jenis heroin di Polda Metro Jaya.

 

POLDA Metro Jaya melakukan pemusnahan narkoba hasil sitaan sepanjang Januari senilai Rp 1 triliun lebih. Acara tersebut turut disaksikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo dan Wakil Kapolri, Komjen Gatot Eddy Pramono.

Narkoba yang dimusnahkan berupa ganja seberat 1,3 ton, 288 kilogram (kg) sabu, 4.888 butir ekstasi, serta psikotropika jenis eximer sejumlah 1.485 butir dan 349 butir tramadol.

Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, Kombes Herry Heryawan, mengatakan barang bukti yang dimusnahkan merupakan hasil sitaan dari wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Baca juga: Hampir 90% Transaksi Narkoba Dikendalikan Dari Lapas

Herry menyebut nilai barang bukti yang dimusnahkan berkisar Rp 1,58 triliun. Dari angka tersebut, barang bukti sabu dengan berat 288 kg menjadi yang termahal. Diketahui, sabu berasal dari Iran yang berhasil digagalkan kepolisian pada Kamis (30/1) lalu.

"Itu 1 kg harganya Rp4 juta, 1 kg itu satu kotak. Kalau 1 kg Rp 4 juta, kalikan dengan 288 kg, sekitar Rp 1 triliun lebih. Jadi bisa dibayangkan bagaimana keuntungan yang diraup," kata Herry di Mapolda Metro Jaya, Rabu (19/2).

Di lain sisi, Tjahjo mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Polda Metro Jaya. Menurutnya, kepolisian telah menunjukkan prestasi dalam upaya pemberantasan narkoba.

"Saya kira apresiasi ini penting dan harus terus digerakkan. Harus terus diorganisir untuk memberantas sampai ke akar masalah peredaran narkoba ini," pungkas Tjahjo.(OL-11)

Baca Juga

Antara

Kadin DKI: Selama Karantina, Akses Bahan Pokok Tak Boleh Terputus

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 29 Maret 2020, 23:15 WIB
Ketua Kadin DKI Jakarta, Diana Dewi menuturkan tidak boleh ada penutupan lalu lintas jalur terhadap mobil atau kapal yang membawa bahan...
MI/Mohamad Irvan

NasDem Buka Posko Kesehatan Bagi Tenaga Medis RSD Wisma Atlet

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 29 Maret 2020, 23:00 WIB
Ketua DPP Badan Rescue Partai NasDem (BRND), M Hariadi Anwar menuturkan pihaknya membuka Posko Kesehatan di The Hotel Media, Jakarta,...
Antara

10 Pasien Covid-19 di Depok Sembuh

👤Kisar Rajaguguk 🕔Minggu 29 Maret 2020, 21:55 WIB
Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok Dadang Wihana mengatakan per tanggal 29 Maret 2020, warganya positif...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya