Rabu 19 Februari 2020, 15:21 WIB

Ini Bupati Lebak yang Marahi Sopir Truk Pengangkut Tanah

Thomas Harming Suwarta | Nusantara
Ini Bupati Lebak yang Marahi Sopir Truk Pengangkut Tanah

MI/M Irfan
Bupati Lebak, Banten, Iti Oktavia Jayabaya

 

BUPATI Lebak, Banten, Iti Oktavia Jayabaya mendadak jadi perbincangan luas warganet setelah aksi menyetop sebuah truk pengangkut tanah di Kecamatan Curug Bitung, Lebak, Banten, Selasa (18/2).

Bukan hanya menyetop truk, Iti juga memarahi sopir truk dan naik ke bagian kemudi untuk mengambil kunci mobil.

Dalam akun Instagram terverifikasi Iti Oktavia Jayabaya, @viajayabaya, sang bupati menjelaskan kejadian itu berlangsung di Kecamatan Curugbitung-Maja.

"Di jalan saya mendapati Truck2 besar pengangkut tanah merah yang sama sekali tidak menguntungkan Kab. Lebak," tulisnya.

Baca juga: Pemkot Palu Siapkan Tempat Penangkaran Buaya Berkalung Ban

Dia menegaskan, Pemkab Lebak tidak pernah ada niatan untuk menghambat pihak manapun yang ingin melakukan usaha. Tapi, setiap usaha selain harus dilengkapi dengan perizinan sesuai ketentuan, juga tidak boleh merugikan pihak lain, khususnya masyarakat pengguna fasilitas umum.

Baca juga: Prioritaskan Pelayanan Kesehatan, Banten Tambah Tenaga Medis

Keberadaan angkutan galian tanah merah ini, sambung dia, tetap harus menaati ketentuan beban kelas jalan. Apalagi, ruas jalan tersebut dibangun menggunakan uang negara yang berasal dari pajak masyarakat.

"Saya sudah cukup mengingatkan dan aparat saya berulangkali sudah menertibkan, tapi rupanya oknum2 ini masih juga membandel. Tidak ada cara lain, kami amankan kunci2 mobil angkutan, alat beratnya dan identitas berupa KYP/SIM Supir dan mandor di lokasi galian, apabila masih punya itikad baik, silahkan datang temui Saya. Demi warga masyarakat Lebak, Saya akan pasang badan. Mari kita jaga bersama Lebak ini dan jangan pernah lelah untuk mencintai Lebak."

Baca juga: Polisi Cari Penyebab Kematian Balita tanpa Kepala

Menurut akun instagram @inforangkasbitung yang membagikan video aksi tersebut, Iti marah karena truk pengangkut tanah yang saban hari melintasi daerah tersebut membuat jalanan rusak dan licin sehingga menuai protes warga.

Aksi tersebut dilakukan Iti bersamaan dengan inspeksi yang dia lakukan di proyek galian tanah Curugbitung. "Bupati juga menantang pengusaha proyek galian tanah untuk menemui dia langsung. Kunci pun diambil langsung oleh beliau dengan naik ke atas truk," tulis akun @inforangkasbitung. (X-15)

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Iti Octavia Jayabaya (@viajayabaya) on

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Berhitung Matang sebelum Mengunci Kota

👤JI/DG/YH/MR/DW/PO/N-2 🕔Selasa 31 Maret 2020, 03:00 WIB
KENEKATAN Wali Kota Tegal, Jawa Tengah, Dedy Yon Supriyono melakukan karantina wilayah secara ketat berbuah...
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Karantina 14 Hari bagi Pemudik

👤Tim/N-2 🕔Selasa 31 Maret 2020, 02:30 WIB
GELOMBANG kedatangan pemudik terbukti sulit dibendung. Sejumlah kepala daerah pun sigap menyiapkan karantina selama 14 hari bagi mereka...
MI/Pius Erlangga

Pakar: Penyemprotan Disinfektan Seharusnya Bukan ke Tubuh

👤Agus Utantoro 🕔Senin 30 Maret 2020, 23:55 WIB
Sebenarnya disinfentan tidak perlu disemprotkan ke tubuh manusia, tetapi ke benda-benda yang sering digunakan bersama, misalnya gagang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya