Rabu 19 Februari 2020, 10:58 WIB

Bangun MRT Fase 2A, PT MRT akan 'Tutup' Kali Ciliwung

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Bangun MRT Fase 2A, PT MRT akan

MI/Insi Nantika Jelita
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo.

 

PEMBANGUNAN MRT fase 2A dari Bundaran HI menuju Kota sepanjang 6,2 kilometer akan segera dimulai bulan depan. Rekayasa lalu lintas seperti pada pembangunan fase 1 Lebak Bulus-Bundaran HI tidak dapat terhindarkan.

Namun, Pemprov DKI bersama PT MRT Jakarta berupaya agar rekayasa lalu lintas yang dilakukan tidak mengurangi lajur jalan seperti halnya di pembangunan fase 1.

Untuk itu, Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan melakukan rekayasa lalin dengan menutup permukaan Kali Ciliwung yang mengalir dari Halte Harmoni hingga Glodok sepanjang kurang lebih 2 km.

"Pengerjaan MRT fase 2A begitu memasuki Harmoni akan ada di sisi kiri jalan. Tetapi di situ lajur tidak boleh berkurang. Oleh karenanya kita akan tutup muka Kali Ciliwung dengan dek dan di situ nanti akan jadi jalur lalin," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota, Selasa (18/2).

Ia memastikan halte-halte Transjakarta yang berada di atas kali seperti Halter Harmoni tetap dapat beroperasi melayani penumpang.

Minimalisasi pengurangan lajur lalin ini merupakan syarat yang diberikan pemerintah pusat kepada Pemprov DKI dalam pembangunan MRT Fase 2A yang ditargetkan selesai 2024 mendatang.

Selain itu, Pemprov DKI juga akan melakukan rekayasa lalin serupa untuk pembangunan di Jalan Medan Merdeka Barat.

"Mungkin kalau yang di Medan Merdeka Barat akan ada pohon yang harus dipindahkan karena di situ adanya taman bukan kali," ungkap Syafrin.

Ia memastikan pemindahan pohon akan berjalan sangat hati-hati dengan pemantauan dari Dinas Pertamanan dan Hutan Kota. Seluruh jalur dan stasiun MRT fase 2A akan ada di bawah tanah.

Sementara itu, selain membangun fase 2A hingga Kota, rute MRT juga akan dilanjutkan hingga Ancol Barat yang disebut dengan fase 2B. Untuk fase 2B ini nantinya sebagian stasiun di bawah tanah dan sebagian akan ada di jalur layang.(Put/OL-09)

Baca Juga

Antara

1680 Warga Jalani Rapid Test, Hanya 2 Persen Positif Covid 19

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 30 Maret 2020, 22:02 WIB
Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat Erizon Safari menuturkan masih terus melakukan test cepat atau rapid test pemeriksaan covid...
MI/Fransisco Carolio Hutama Gani

Anies Minta RT Hingga PKK Data Kelompok Risiko Tinggi Covid-19

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 30 Maret 2020, 21:57 WIB
Kriteria masyarakat yang memiliki risiko tinggi yang disebutkan di atas adalah masyarakat lanjut usia di atas 60 tahun, penderita tekanan...
MI/Andri Widiyanto

Anies Benarkan Kirim Surat Minta Jakarta Dikarantina

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 30 Maret 2020, 21:54 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membenarkan Pemprov DKI Jakarta mengirimkan surat ke pemerintah pusat untuk meminta persetujuan agar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya