Rabu 19 Februari 2020, 10:43 WIB

Batan Pindahkan 199 Drum Tanah yang Terkontaminasi Radioaktif

Atikah Ishmah Winahyu | Megapolitan
Batan Pindahkan 199 Drum Tanah yang Terkontaminasi Radioaktif

ANTARA/Muhammad Iqbal
Tim Batan bersama Bapeten melakukan Dekontaminasi terhadap temuan paparan tinggi radioaktif di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangsel.

 

BADAN Tenaga Nuklir Nasional (Batan) terus melakukan proses clean up di daerah yang terpapar radioaktif di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang. Hingga hari ke tujuh ini, jumlah tanah dan vetegasi yang diindikasikan terkontaminasi sudah mencapai 199 drum.

Drum-drum tersebut sudah dimasukkan ke dalam tempat penyimpanan sementara limbah radioaktif. Status terkini dari proses clean up pun sudah menunjukkan perkembangan yang signifikan, dengan penurunan paparan lebih dari 90%.

Kepala Batan Anhar Riza Antariksawan dalam sambutannya saat memimpin briefing kegiatan clean up berpesan pada para pekerja clean up agar selalu menjaga kesehatan dan mematuhi prosedur keselamatan dalam bekerja, sebab faktor keselamatan menjadi yang utama.

"Kepada para petugas clean up agar tetap semangat, ini adalah pekerjaan menyelamatkan masyarakat," ujar Anhar dalam pernyataan resmi, Rabu (19/2).

Baca juga : Clean Up Area Terpapar Radioaktif di Tangsel Berlanjut

Selain itu, Anhar juga menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah kota Tangerang Selatan yang telah bersedia membantu Batan dalam proses clean up.

"Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan dan kerja sama pihak Pemkot Tangsel dalam kegiatan ini, sehingga proses clean up ini berjalan lancar," tuturnya.

Anhar berharap, dengan semakin menurunnya kadar paparan radioaktif, proses clean up dapat segera diselesaikan sehingga masyarakat lebih leluasa dalam beraktivitas.

"Insha Allah ujian ini akan dapat memajukan kita semua. Saat ini kita semua bekerja membersihkan lingkungan demi keselamatan semua warga," tandasnya. (Aiw/OL-09)

Baca Juga

Ilustrasi

Polisi Tangkap Penyebar Video Porno Mirip Syahrini

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 27 Mei 2020, 21:49 WIB
Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan pihaknya menangkap para tersangka di Kediri, Jawa...
MI/Ramdani

Anies Ingatkan, Masyarakat tidak Taat PSBB Diperpanjang

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 27 Mei 2020, 21:36 WIB
Anies Baswedan kembali mengingatkan agar masyarakat taat terhadap imbauan pemerintah terhadap aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar,...
Antara

Nekat ke Jakarta Tanpa SIKM, Tujuh Orang Dikarantina

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 27 Mei 2020, 21:12 WIB
DKI Jakarta memberikan sanksi tegas kepada tujuh warga yang masih nekat masuk Ibu kota tanpa memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM)....

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya