Rabu 19 Februari 2020, 04:30 WIB

Kemenag Terapkan Inovasi Pelayanan Haji 2020

(Bay/H-1) | Humaniora
Kemenag Terapkan Inovasi Pelayanan Haji 2020

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Menteri Agama Fachrul Razi

 

KEMENTERIAN Agama pada tahun haji 1441 H/2020 M menerapkan 13 inovasi dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan bagi jemaah haji Indonesia. Inovasi pelayanan mencakup penyelenggaraan bimbingan manasik haji sepanjang tahun bagi jemaah haji.

"Selama ini bimbingan manasik haji dilakukan pada waktu-waktu tertentu sehingga ada jemaah yang kesulitan menyesuaikan diri dengan waktu bimbingan," ujar Menteri Agama Fachrul Razi di Jakarta, kemarin.

Buku manasik haji juga disempurnakan untuk memudahkan jemaah memahami seluk beluk pelaksanaan ibadah haji.

Inovasi lain ialah penggunaan Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati untuk embarkasi/debarkasi jemaah haji Jawa Barat. Fasilitas pemondokan jemaah di Indramayu tengah dibangun yang ditargetkan bisa digunakan pada musim haji 2021.

Fachrul menambahkan fasilitas pelayanan jalur cepat imigrasi di Tanah Air akan ditambah. "Kalau tahun lalu hanya dinikmati jemaah yang berangkat dari Soekarno-Hatta, tahun ini bisa dinikmati juga jemaah yang berangkat dari Bandara Juanda Surabaya."

Pada musim haji 2020, pemerintah memberi prioritas bagi satu persen dari sekitar 35 ribu kuota haji untuk warga berusia lanjut. Inovasi pelayanan berikutnya ialah membangun Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) untuk memudahkan warga mengakses pelayanan haji yang efektif dan efisien.

Pemerintah, imbuh Fachrul, juga tengah merevitalisasi 24 asrama haji untuk meningkatkan kualitas pelayanan akomodasi. "Sudah selesai 14 asrama dan sisanya tahun ini rampung."

Dalam upaya memperbaiki pelayanan haji, pemerintah menambah frekuensi penyediaan konsumsi untuk jemaah di Mekah dari 40 kali menjadi 50 kali tahun ini. Menteri Agama juga menegaskan pemerintah tidak menaikkan biaya pelayanan haji. (Bay/H-1)

Baca Juga

antara

BPJS Kesehatan Proses Verifikasi Klaim RS untuk Kasus Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 29 Mei 2020, 17:39 WIB
Sampai dengan 27 Mei 2020, terdapat 291 RS yang telah mengajukan klaim khusus untuk kasus Covid-19 di Kantor Cabang BPJS...
ANTARA FOTO/Anis Efizudin

Angket Pembukaan Sekolah, KPAI: Anak Setuju, Orang Tua Khawatir

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 29 Mei 2020, 17:17 WIB
Sebagian besar anak setuju sekolah dibuka karena kemungkinan mereka sudah jenuh belajar dari...
MI/PANCA SYURKANI

Menteri LHK: Pemda Berperan Penting Atasi Perubahan Iklim

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 29 Mei 2020, 17:15 WIB
Target penurunan emisi Indonesia hingga tahun 2030 sebesar 29% dari Bussiness as Usual (BAU) dengan upaya sendiri dan sampai dengan 41%...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya