Selasa 18 Februari 2020, 20:43 WIB

Satu Meninggal Tertimbun Longsor di Solok

Yose Hendra | Nusantara
Satu Meninggal Tertimbun Longsor di Solok

Ilustrasi
Longsor

 

SATU warga meninggal tertimbun longsor dan ratusan rumah terendam di Kabupaten Solok serta Kota Solok, Sumatra Barat setelah wilayah itu terjadi hujan deras, Selasa (18/2).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok Armen mengatakan, longsor yang terjadi di IX Koto Sungai Lasi, menyebabkan Hendri, 38, meninggal akibat tertimbun material longsor.

''Jenazahnya sudah ditemukan dan dievakuasi,'' kata Armen.

Untuk menyingkirkan material longsor, ungkapnya, dikerahkan satu alat berat. Di samping itu, longsor yang terjadi di jalan lintas Sumatra itu, juga menutup arus lalu lintas kedua arah, karena material longsor menutupi badan jalan.

Sementara banjir menggenangi kawasan Muaro Paneh, Kecamatan Bukit Sundi akibat meluapnya sungai Batang Lembang. Saat bersamaan, sebanyak 13 kelurahan di Kota Solok juga tergenang banjir. Sebagian akibat meluapnya sungai Batang Lembang dan Batang Gawan, yang juga melintasi Kota Solok, selain drainase yang bermasalah.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Agus Wibowo merinci adapun data kelurahan terdampak meliputi Kelurahan KTK, Kelurahan IX Korong, Kelurahan IV Suku, Kelurahan Simp Rumbio, Kelurahan Sinapa, Kelurahan Aro IV Korong dan Kelurahan Tanah Garam di Kecamatan Lubuk Sikarah.

"Kemudian Kelurahan Nan Balimo, Kelurahan PPA, Kelurahan Tanjung Paku, Kelurahan Laiang, Kelurahan Kampung Jawa dan Kelurahan Koto Panjang di Kecamatan Tanjung Harapan," kata Agus Wibowo.

Ia menyebut dari data yang berhasil dihimpun oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Solok, sebanyak 320 KK/1251 jiwa terdampak banjir tersebut.

BPBD Kota Solok bersama tim gabungan pun telah melakukan evakuasi dan pendataan lebih lanjut guna menghitung kerugian dan data lain yang diperlukan.

"Sementara ini kebutuhan yang mendesak meliputi kebutuhan alat pembersih, makanan siap saji dan matras," pungkasnya. (OL-2)

 

Baca Juga

DOK KEMENTAN

Jaga Ketahanan Pangan, Gubernur Jatim Percepat Tanam Padi

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 07 Juni 2020, 16:11 WIB
Gubernur Khofifah turun langsung melaksanakan tanam padi dengan sistem tanam jajar legowo dengan varietas inpari...
MI/Nurul HIdayah

BMKG Perkirakan Banjir Rob Berkurang Dua Hari ke Depan

👤Ihfa Firdausya 🕔Minggu 07 Juni 2020, 15:12 WIB
Banjir rob diperkirakan akan berkurang dua hari ke depan. Hal ini disebabkan bergesernya fase bulan purnama dan menurunnya kecepatan angin...
ANTARA

Doni Minta Warga Kalsel yang Ikut Tablig di Gowa Melaporkan Diri

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 07 Juni 2020, 15:00 WIB
Kesadaran untuk memeriksakan diri merupakan kunci untuk mencegah penularan Covid-19 di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya