Selasa 18 Februari 2020, 18:30 WIB

Ganjar Minta Investor di Jateng Jaga Lingkungan

Ardi Teristi | Nusantara
Ganjar Minta Investor di Jateng Jaga Lingkungan

MI/Ardi Teristi
UMY Government Gathering di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

 

GUBERNUR Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyebut tiga hal yang memicu Jawa Tengah banyak diincar investor yakni Sumber Daya Manusia bagus, keamanan kondusif, dan iklim investasi bagus. Meski diincar investor, tidak serta merta mereka bisa berbuat seenaknya. Ganjar pun tegas meminta para investor menjaga kelestarian lingkungan.

"Ketika tidak ada korupsi, investasi murah dan cepat, investor datang sendiri. Saya minta investor ikut menjaga dan mengendalikan lingkungan agar tidak tercemar," kata dia UMY Government Gathering di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Selasa (18/2).

Ganjar menyampaikan, usaha-usaha yang dilakukan untuk memerangi pencemaran Sungai Bangawan Solo. Ia telah memanggil pihak-pihak yang berada di sepanjang sungai Bengawan Solo. Hasilnya, banyak yang membuang limbah ke Sungai Bengawan Solo, dari usaha ciu, ternak babi, batik, hingga tekstil.

Ia pun telah mengancam, jika masih ada pembuangan limbah ke Bengawan Solo, penegakan hukum akan dilakukan. Ia mengatakan, pihak-pihak yang selama ini membuang limbah ke Bengawan Solo telah berjanji akan mengolah limbah mereka.

Dalam pembangunan di Jawa Tengah, pihaknya melibatkan berbagai elemen masyarakat. Korupsi menjadi hal yang diperangi hingga berbuah hasil Jawa Tengah menjadi provinsi yang berintegritas.

Rektor UMY, Gunawan Budiyanto mengatakan, kegiatan tersebut untuk memfasilitasi kepala daerah dalam menyampaikan kebijakan yang telah mereka lakukan dalam forum ilmiah. Ia pun mengajak semua pihak yang pro dan kontra  untuk hadir. "Silahkan demonstrasi, tetapi masuklah ke ruangan dan sampaikan dengan pendapat dengan ilmu. Itu proses learning," kata dia. 

Kepala Lembaga Kerjasama dan Urusan Internasional UMY, Eko Priyo Purnomo menambahkan, "Kita ingin tahu kontribusi pemerintah yang berorientasi kepada kelestarian lingkungan untuk mencapai keberlangsungan hidup masyarakat yang ideal," pungkas dia. (OL-12)
 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Karantina 14 Hari bagi Pemudik

👤Tim/N-2 🕔Selasa 31 Maret 2020, 02:30 WIB
GELOMBANG kedatangan pemudik terbukti sulit dibendung. Sejumlah kepala daerah pun sigap menyiapkan karantina selama 14 hari bagi mereka...
MI/Pius Erlangga

Pakar: Penyemprotan Disinfektan Seharusnya Bukan ke Tubuh

👤Agus Utantoro 🕔Senin 30 Maret 2020, 23:55 WIB
Sebenarnya disinfentan tidak perlu disemprotkan ke tubuh manusia, tetapi ke benda-benda yang sering digunakan bersama, misalnya gagang...
Antara

Pakar UGM: Tidak Perlu Lockdown Kampung

👤Agus Utantoro 🕔Senin 30 Maret 2020, 23:55 WIB
Menurut Koordinator Tim Respons Covid-19 Universitas Gadjah Mada lockdown itu justru menjadi titik yang rawan penularan karena masyarakat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya