Selasa 18 Februari 2020, 18:17 WIB

Satgas Pangan Tegaskan Kawal Distribusi Bawang Putih

Tri Subarkah | Ekonomi
Satgas Pangan Tegaskan Kawal Distribusi Bawang Putih

Antara
Harga bawang putih tetap tinggi dikarenakan stok terus menipis.

 

KETUA satuan tugas (Satgas) Pangan Polri, Brigjen Daniel Tahi Monang Silitonga, menegaskan pihaknya terus mengawal pendistribusian bawang putih di pasar. Menurutnya, Satgas Pangan menggandeng Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, serta importir dan distributor bawang putih untuk menurunkan harga pangan.

"Mereka dengan kesadaran sendiri mengetahui bahwa harga bawang putih itu sudah terlalu tinggi dan sudah menurunkan dengan kesadaran sendiri," kata Daniel di Gedung Bareskrim Polri, Selasa (18/2).

Baca juga: DPR Usulkan Pemerintah Tombok Kelebihan Harga Gas Industri

Menurut Daniel, tugas utama Satgas Pangan adalah menjamin ketersediaan stok di pasar sehingga masyarakat dapat menjangkaunya. 

"Dan stok itu tidak dipermainkan dan tidak ditahan. Yang seharusnya disalurkan tapi ditahan, di situ Satgas turun tangan," imbuhnya.

Mengenai bawang putih impor, Daniel menyebut, pihaknya memastikan bahwa distribusinya harus berjalan dengan benar. Satgas Pangan, lanjutnya, tidak segan-segan menindak secara hukum oknum yang melakukan penahanan bawang putih.

"Pokoknya dia nahan-nahan lah, tidak diberikan kepada masyarakat. Itu yang seharusnya masyarakat mendapatkan, ya kita turun," tegas Daniel.

Para oknum yang melakukan penimbunan pangan, kata Daniel, dapat dipenjara 10 tahun dan denda Rp10 miliar sesuai dengan Undang-undang No 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan. (OL-6)

Baca Juga

ANTARA/SIGID KURNIAWAN

Keberhasilan New Normal ialah Kembalinya Aktivitas Masyarakat

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 27 Mei 2020, 11:11 WIB
Saat ini kata kunci untuk menyukseskan protokol new normal ada pada disiplin Masyarakat. PSBB tanpa kedisiplinan pun sama saja tidak akan...
ANTARA

Rupiah Menguat Respons Positif Skenario Normal Baru

👤Antara 🕔Rabu 27 Mei 2020, 10:34 WIB
Pada pukul 9.40 WIB, rupiah menguat 15 poin atau 0,1% menjadi Rp14.740 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.755 per dolar...
ANTARA

IHSG Kembali Menghijau, Sentimen Positif Terus Berlanjut

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 27 Mei 2020, 09:47 WIB
Berdasarkan pantauan pada pukul 09.00 WIB, IHSG dibuka naik 0,04% atau 2,03 poin ke posisi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya