Selasa 18 Februari 2020, 17:49 WIB

Wakil Ketua MPR Usulkan Pengalaman WNI Di Wuhan Dijadikan Buku

Deden Muhammad Rojani | Humaniora
Wakil Ketua MPR Usulkan Pengalaman WNI Di Wuhan Dijadikan Buku

MI/M. Irfan
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat menerima perwakilan PPI Wuhan, Tiongkok di Gedung Nusantara III

 

WAKIL Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengusulkan pengalaman mahasiswa Indonesia di Wuhan, Tiongkok saat berkutat dengan dengan virus korona COVID-19 hingga proses evakuasi dan proses karantina di Natuna dijadikan buku sebagai peringatan ke masyarakat.

Hal itu dikatakan Lestari saat menerima kunjungan sejumlah mahasiswa Indonesia di Wuhan yang baru saja menyelesaikan proses observasi selama 14 hari di Natuna usai dievakuasi dari Wuhan, di gedung Nusantara 3, Kompleks DPR/MPR, Selasa (19/2).

“Sehingga pengalaman yang jarang ini bisa dibagikan ke masyarakat luas agar lebih mewaspadai dampak virus COVID-19 ini,” kata Lestari.

Politikus Partai NasDem itu menegaskan, evakuasi warga negara Indonesia di Wuhan akibat merebaknya COVID-19, merupakan kerja sama solid antara pemerintah, legislatif, dan kalangan swasta yang membuat proses itu menjadi lancar.

Dalam pertemuan itu, para mahasiswa yang dinyatakan dalam keadaan sehat itu juga turut menceritakan suasana di Wuhan saat COVID-19 pertama kali merebak di akhir tahun lalu.

Baca juga : Ini Penyebab Kelangkaan dan Mahalnya Masker di Jakarta

Selain itu, mereka juga menegaskan, masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya di Indonesia menerima kepulangan mereka dengan baik usai menjalani proses karantina.

"Sejauh ini masyarakat di lingkungan kami sih menerima kami dengan baik. Demikian juga dengan aparat pemda," ujar Fani mahasiswa semester 1 Universitas Wuhan.

Fani juga mengusulkan agar pemeriksaan orang yang masuk ke Indonesia dari Tiongkok lebih diperketat untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19. Hal itu karena ia melihat ada modus masuk ke Indonesia dengan pemeriksaan minimum dengan terlebih dahulu transit di Thailand.

"Ada beberapa kenalan yang saat di sejumlah bandara di Tiongkok belum di lock down tidak langsung ke Indonesia. Mereka ke Thailand dulu, baru terbang ke Indonesia. Mereka bisa tidak melalui pemeriksaan yang ketat," jelasnya. (OL-7)

Baca Juga

AFP/JUNI KRISWANTO

IDAI: Perhatikan Kesehatan Anak dalam Skenario Normal Baru

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 27 Mei 2020, 10:55 WIB
Mendesak pemerintah dan berbagai pemangku kepentingan untuk mengambil keputusan dan melakukan tindakan berdasarkan kepentingan terbaik...
Dok Kemkominfo

Lebaran Virtual, Menkominfo Ajak Warga Berdamai dengan Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 27 Mei 2020, 10:15 WIB
Johnny menekankan kembali arahan Presiden Joko Widodo untuk menghadapi covid-19 dengan fokus pada aspek medis dan...
ANTARA/Didik Suhartono

Tekan Penyebaran Covid-19, Dua Mobil Lab Dikirim ke Surabaya

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Rabu 27 Mei 2020, 10:11 WIB
Hal tersebut dilakukan seiring dengan angka penyebaran covid-19 yang tinggi di Kota Surabaya mencapai 2.118 kasus positif, pada Selasa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya