Selasa 18 Februari 2020, 09:43 WIB

Serangan Jantung Usia Muda, Apa Penyebabnya?

Atalya Puspa | Humaniora
Serangan Jantung Usia Muda, Apa Penyebabnya?

MI/Ramdani
Ilustrasi serangan jantung

 

ASHRAF Sinclair, suami selebritas Bunga Citra Lestari, meninggal dunia, Selasa (18/2) pagi. Dikabarkan, pria berusia 40 tahun itu meninggal dunia karena serangan jantung. Lantas, apa yang menyebabkan orang usia muda bisa mendapatkan serangan jantung?

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Rumah Sakit Siloam Vito A Damay mengungkapkan orang usia muda yang menerapkan pola hidup sehat tetap memiliki potensi penyakit jantung. Karenanya, medical check up rutin sangat diperlukan.

"Sering kali kita kaget orang yang kita kenal sehat, sering olahraga, tapi tiba-tiba meninggal karena jantung. Kadang orang itu merasa sehat dan percaya diri, tapi tidak pernah periksa kesehatan," kata Vito dalam tayangan video, Selasa (18/2).

Baca juga: Suami BCL Meninggal Dunia karena Serangan Jantung

Vito menjelaskan, penyakit jantung dapat timbul karena sejumlah faktor risiko, mulai dari keturunan, bawaan lahir, hingga pola hidup tidak sehat.

Namun, bukan berarti orang yang menerapkan pola hidup sehat terbebas dari penyakit jantung.

"Atlet juga bisa loh punya hipertensi. Padahal mereka jaga pola makan, olahraga rutin, bukan perokok berat, tapi tidak mau periksa. Kolesterol tinggi, hipertensi, bisa saja terjadi pada orang yang punya pola hidup sehat tapi gak pernah medical check up," tutur Vito.

"Penyakit jantung muncul bukan selalu karena pola makan tapi karena tubuhnya membentuk kolesterol tinggi. Tidak pernah periksa dan tidak pernah ada keluhan. Membuat plak dalam pembuluh darah dan tiba-tiba serangan jantung," imbuhnya.

Untuk itu, dirinya menyarankan orang yang telah masuk usia 40 tahun rutin memeriksakan kondisi kesehatan terutama jantung yang dapat menjadi pembunuh dalam senyap.

Selain itu, gaya hidup juga harus diperhatikan, mulai dari jaga pola makan, rutin olahraga, dan hindari rokok serta alkohol.

"MCU sangat perlu dilakukan. Periksa irama jantung, dan tekanan darah. Orang yang sudah masuk usia 40 tahun sudah harus rutin MCU," tandasnya. (OL-1)

Baca Juga

Dok. MI

Anji Ajari Anak Main Gitar

👤MI 🕔Rabu 08 April 2020, 01:50 WIB
MUSISI Erdian Aji Prihartanto atau akrab disapa Anji, 42, mengambil hikmah dari anjuran untuk tinggal di rumah dan work from...
MI/Adam Dwi

Ade Govinda Batal Manggung, Bikin Musik

👤MI 🕔Rabu 08 April 2020, 01:15 WIB
GITARIS Govinda Ade Nurulianto, 36, mengaku sedih karena jadwal manggung Govinda banyak yang dibatalkan lantaran pandemi...
Dok. MI

Titi DJ Melek Teknologi selama Karantina

👤MI 🕔Rabu 08 April 2020, 00:50 WIB
IMBAUAN pemerintah untuk di rumah saja demi mencegah penularan virus korona membawa kebaikan bagi musisi Titi DJ,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya