Selasa 18 Februari 2020, 09:04 WIB

Harga Bawang Putih Turun, OP tidak Perlu

(RF/BB/N-2) | Nusantara
Harga Bawang Putih Turun, OP tidak Perlu

Media/Djoko Sardjono
Harga Bawang Putih Terus Bergerak Turun.

 

PERINGATAN Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo kepada distributor bawang untuk tidak menimbun, berbuah baik. Harga komoditas itu berangsur turun karena pasokan ke pasar kembali lancar.

Di Bangka Belitung, misalnya, seperti dikatakan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sunardi, harga bawang putih turun menjadi Rp45 ribu per kilogram, dari sebelumnya di atas Rp55 ribu. "Meski masih tinggi, harga berangsur terus turun."

Karena itu, ia menilai belum mendesak kebutuhan untuk melakukan operasi pasar (OP) bawang putih. "Tapi, kami masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat."

Sunardi juga berharap para distributor tidak melakukan penimbunan bawang putih. "Jika bawang putih terus mengalir lancar ke pasar, kami berharap harga bisa turun hingga Rp35 ribu per kilogram."

Kondisi yang sama juga terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. "Kami belum berencana melakukan operasi pasar. Konsentrasi kami saat ini ialah melakukan pengawasan terhadap pergerakan harga dan stok komoditas tersebut," ujar Kepala Bidang Perdagangan Nana Rukmana.

Saat ini, harga bawang putih masih mencapai Rp60 ribu per kilogram. Namun, kondisi itu belum menimbulkan gejolak di masyarakat. "Pemerintah kabupaten sudah melakukan pembahasan lintas sektoral. Kami terus mencari solusi sambil memantau kondisi lapangan," ujar Nana. (RF/BB/N-2)

Baca Juga

Dok MI

Pengendara Motor di Sikka Tewas Tabrak Tronton Terparkir

👤Gabriel Langga 🕔Jumat 29 Mei 2020, 15:20 WIB
TRUK tronton yang mengalami ban pecah memarkir kendaraanya tanpa segitiga pengaman dan isyarat lampu. Pengendara motor dalam kecepatan...
MI/Cikwan Suwandi

Persiapan New Normal Kota Bengkulu Gelar Rapid Test Massal

👤Marliansyah 🕔Jumat 29 Mei 2020, 15:10 WIB
DINAS Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu, Bengkulu, melakukan rapid test kepada 1.200 individu yang diduga melakukan kontak langsung dengan...
MI/Adi Kristiadi

Pimpinannya Positif Covid-19, Puskesmas di Medan Ditutup

👤Puji Santoso 🕔Jumat 29 Mei 2020, 14:55 WIB
SEJUMLAH Puskesmas di Medan menghentikan pelayanannya kepada masyarakat setelah Kepala Puskesmas terkonfirmasi positif...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya