Selasa 18 Februari 2020, 09:04 WIB

Harga Bawang Putih Turun, OP tidak Perlu

(RF/BB/N-2) | Nusantara
Harga Bawang Putih Turun, OP tidak Perlu

Media/Djoko Sardjono
Harga Bawang Putih Terus Bergerak Turun.

 

PERINGATAN Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo kepada distributor bawang untuk tidak menimbun, berbuah baik. Harga komoditas itu berangsur turun karena pasokan ke pasar kembali lancar.

Di Bangka Belitung, misalnya, seperti dikatakan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sunardi, harga bawang putih turun menjadi Rp45 ribu per kilogram, dari sebelumnya di atas Rp55 ribu. "Meski masih tinggi, harga berangsur terus turun."

Karena itu, ia menilai belum mendesak kebutuhan untuk melakukan operasi pasar (OP) bawang putih. "Tapi, kami masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat."

Sunardi juga berharap para distributor tidak melakukan penimbunan bawang putih. "Jika bawang putih terus mengalir lancar ke pasar, kami berharap harga bisa turun hingga Rp35 ribu per kilogram."

Kondisi yang sama juga terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. "Kami belum berencana melakukan operasi pasar. Konsentrasi kami saat ini ialah melakukan pengawasan terhadap pergerakan harga dan stok komoditas tersebut," ujar Kepala Bidang Perdagangan Nana Rukmana.

Saat ini, harga bawang putih masih mencapai Rp60 ribu per kilogram. Namun, kondisi itu belum menimbulkan gejolak di masyarakat. "Pemerintah kabupaten sudah melakukan pembahasan lintas sektoral. Kami terus mencari solusi sambil memantau kondisi lapangan," ujar Nana. (RF/BB/N-2)

Baca Juga

Ist

Pendukung Risma Beralih Beri Dukungan Machfud-Mujiaman

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 November 2020, 21:01 WIB
Sebanyak 49,4% pemilih Risma memutuskan untuk mencoblos paslon Wali Kota dan Wakil Walikl Kota Surabaya nomor urut 2, Machfud...
MI/Cikwan Suwandi

Belajar Tatap Muka di Karawang Tunggu Izin Turun

👤Cikwan Suwandi 🕔Selasa 24 November 2020, 20:40 WIB
MENGHADAPI belajar tatap muka, sekolah-sekolah di Karawang, Jawa Barat bakal diterapkan dengan sistem shift. Tentunya juga dengan penerapan...
MI/Surya Sriyanti

Mesin Partai Diintruksikan AHY Gaspol Menangkan Ben-Ujang

👤Surya Sriyanti 🕔Selasa 24 November 2020, 20:23 WIB
KETUA Umum Partai Demokrat  Agus Harimukti Yudhoyono (AHY) mengadakan konsolidasi bersama para kadernya di Kalimantan Tengah, untuk...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya