Selasa 18 Februari 2020, 10:30 WIB

Polisi Kantongi Identitas Dokter Lain Praktik Aborsi Ilegal

Siti Yona Hukmana | Megapolitan
Polisi Kantongi Identitas Dokter Lain Praktik Aborsi Ilegal

Dok MI
Ilustrasi--aborsi

 

POLDA Metro Jaya telah mengantongi identitas dokter lain yang ikut pratik aborsi ilegal di Jalan Paseban Raya, Senen, Jakarta Pusat. Terduga pelaku itu tengah diburu.

"Namanya dokter S dan ini yang kita sedang lakukan pengejaran," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dikonfirmasi, Selasa (18/2).

Yusri mengatakan, dokter S melakukan pratik aborsi ilegal selama lebih kurang hampir tiga bulan. Dia menggantikan tersangka MM alias dokter A ketika sakit.

"Dokter S ini lah yang telah melakukan tindakan aborsi di sana setelah dapat pasien dari bidan yang ada," ungkap Yusri.

Baca juga: Kasus Klinik Paseban Melibatkan 50 Bidan dan 100 Calo

Subdit Sumber Daya Lingkungan (Sumdaling) Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya mengungkap klinik aborsi ilegal pada Senin (10/2). Tiga tersangka diamankan.

Ketiga tersangka itu, yakni seorang dokter berinisial MM alias dokter A, bidan berinisial RM, dan tenaga administrasi berinisial SI. Ketiga tersangka merupakan residivis dan kini telah ditahan di rumah tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya.

Mereka dijerat Pasal 83 Juncto Pasal 64 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan dan atau Pasal 75 ayat (1), Pasal 76, Pasal 77, Pasal 78 Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran dan atau Pasal 194 Jo Pasal 75 ayat (2) Undnag-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan Juncto Pasal 55, 56 KUHP. Dengan ancaman hukuman di atas 10 tahun penjara. (OL-1)

Baca Juga

MI/Kisar Rajagukguk

Memasang Tanda Kuburan Massal Covid-19

👤MI 🕔Rabu 08 April 2020, 03:00 WIB
ISAK tangis mewarnai pemakaman massal korban penyakit menular di blok khusus Taman Pemakaman Umum (TPU) Pondok...
ANTARA

Anies Jangan lagi One Man Show

👤MI 🕔Rabu 08 April 2020, 02:20 WIB
GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan diharapkan tidak lagi sibuk bekerja sendiri setelah terpilihnya Wakil Gubernur DKI...
MI/Ramdani

Ini Aktivitas yang Harus Dihindari Selama PSBB di DKI

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 08 April 2020, 02:15 WIB
Akan ada tindakan penertiban bagi warga yang masih berkerumunan lebih dari lima orang. Penindakan ini akan melibatkan kepolisian dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya